Mahasiswa Kukerta UNRI Hijaukan Bumi Mentulik Kampar Kiri Hilir

Admin
177 view
Mahasiswa Kukerta UNRI Hijaukan Bumi Mentulik Kampar Kiri Hilir
Mahasiswa Peserta Kukerta bersama Sekretaris Desa Mentulik, Jefrizal oto bersama sebelum kegiatan penghijauan.

KAMPAR, datariau.com - Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) angkatan 2019, Universitas Riau, melakukan penanaman bibit pohon di Desa Mentulik, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar, menanam berbagai jenis pohon sebagai bentuk pentingnya untuk memelihara lingkungan.

Penanaman pohon tersebut dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta, yang berjumlah 10 orang, merupakan gabungan dari 3 fakultas yang berbeda, yakni FISIP, FH, dan FEB sebagai bentuk kepedulian menghijaukan Bumi Mentulik ini merupakan salah satu Program Kerja dari tema New Normal, dan ditanam di lingkungan Desa Mentulik pada Ahad 8 Agustus 2021, di pekan ketiga Kukerta selama lebih kurang satu bulan berbaur dengan masyarakat tempatan dan berakhir pada 25 Agustus 2021.

Koordinator kelompok Kukerta Unri M Kevin Maulana dari Jurusan Manajemen mengatakan, program penanaman bibit pohon ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan, sekaligus untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan, sehingga dapat mengurangi pemanasan global atau global warming akibat meningkatnya emisi karbondioksida dan gas-gas lainya.

"Program ini dilakukan dengan tujuan untuk menghijaukan Desa Mentulik, sekaligus nantinya dapat menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi masyarakat Desa Mentulik," ujar Kevin.

“Mayoritas profesi masyarakat desa Mentulik berprofesi sebagai nelayan dan bertani, dengan adanya kegiatan ini insyaallah berpotensi menjadikan masyarakat berprofesi dalam bidang pertanian, hingga Desa Mentulik kaya akan hasil sungai dan hasil pertaniannya,” ungkap Kevin Maulana selaku Ketua Kelompok Kukerta Universitas Riau.

Kevin yakin, masyarakat dapat merawat pohon yang mereka tanam tersebut, mengingat selama kehadiran mereka di daerah tersebut didukung oleh perangkat desa dan mendapatkan respon positif dari seluruh masyarakat Desa Mentulik.