Mahasiswa Kukerta UNRI 2021 Bantu Pasarkan UMKM Gula Merah dari Kelapa Sawit Desa Silikuan Hulu

Admin
258 view
Mahasiswa Kukerta UNRI 2021 Bantu Pasarkan UMKM Gula Merah dari Kelapa Sawit Desa Silikuan Hulu

PELALAWAN, datariau.com - Mahasiswa Kukerta Balek Kampung 2021 Universitas Riau tepatnya di Desa Silikuan Hulu kecamatan Ukui melakukan kunjungan ke salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Merah milik Pak Ariyadi yang akrab disapa pak Ari, 29 Juli 2021.

Pak Ari merupakan satu satunya pemilik UMKM gula merah yang berada di Desa Silikuan Hulu, kecamatan Ukui. Menariknya, pak Ari berhasil menyulap pohon kelapa sawit menjadi gula merah lezat yang biasanya berbahan baku nira pohon aren ataupun pohon kelapa. Proses pengolahan yang masih tradisional memiliki ciri khas tersendiri dari olahan gula merah khas Silikuan Hulu ini.

Saat diwawancarai salah seorang mahasiswa mengenai awal mula munculnya inovasi gula merah dari bahan baku kelapa sawit, Pak Ari menerangkan awalnya ingin coba-coba saja, pada masa program replanting kebun plasma ini kegiatan produktif apa yang dapat dilakukan dari bahan baku pohon kelapa sawit. Akhirnya dia mencoba pembuatan gula merah dari pohon kelapa sawit.

"Alhamdulillah usaha kita sudah berjalan kurang lebih 2 tahunan selama masa pandemi ini, dan dari berbagai masukan masyarakat dan konsumen kita terus berupaya agar menghasilkan gula merah yang terbaik,” kata pak Ari.

Saat ditanya mengenai bagaimana pemasaran yang dilakukan, Pak Ari menegaskan bahwa selama ini dia memasarkan gula merah tersebut dengan menjualnya ke pasar ataupun dijual ke warung-warung yang ada di sekitaran Desa Silikuan Hulu, tetapi pada masa pandemi ini dia kesusahan untuk memasarkan produk gula merah karena adanya pembatasan-pembatasan pergerakan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Dengan melihat hal tersebut, maka mahasiswa mengusulkan agar UMKM Gula Merah ini bisa dikembangkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi agar tidak lagi hanya memasarkan kepada penjual-penjual yang ada di sekitar desa saja.

Mahasiswa mengusulkan untuk dapat membantu membuatkan pemasaran produk UMKM Gula Merah ini bisa dipasarkan melalui platform yang ada di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Shoppee.

Pemasaran UMKM Gula Merah khas Silikuan Hulu dilakukan dengan mengajak pemilik UMKM menggunakan platform tersebut untuk pemasaran produk Gula Merah ini.

Namun, tentunya perlu proses untuk memberikan pengetahuan kepada pemilik UMKM tentang bagaimana cara menggunakan platform tersebut.

Menurut Koordinator KKN, Muhammad Yusuf bahwa upaya yang telah dilakukan hanyalah sebuah bentuk pemasaran agar sasaran pasarnya menjadi luas, tetapi bukan menjadi jaminan bahwa orang-orang akan banyak membeli produk tersebut. (Iffan Putra Defizon)