Mahasiswa KKN-DR UIN Suska Riau Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di SDN 029 Sungai Pinang

Admin
477 view
Mahasiswa KKN-DR UIN Suska Riau Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di SDN 029 Sungai Pinang

TAMBANG, datariau.com - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang masih berkepanjangan, mahasiswa KKN-DR plus UIN Suska Riau di Desa Sungai Pinang melaksanakan Sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 029 Sungai Pinang, Kecamatan Tambang. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (27/7/2021).

Agenda ini merupakan salah satu program Kelompok KKN Desa Sungai Pinang yang bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar tentang bagaimana mencegah penyebaran virus Corona dan edukasi Protokol Kesehatan.

Kelompok KKN-DR ini terdiri dari 14 orang yaitu Rahmat Pajri (Ilmu Komunikasi), Titik Suci Wahyuni (Pendidikan Bahasa Inggris), Nurul Lisa (Pendidikan Matematika), Aulia Putri Islami (Pendidikan Ekonomi), Kemal Abdillah (Manajemen), Lusi Ariestita (Pendidikan Ekonomi), Aldo Saputra (Ilmu Komunikasi), Muhammad Rapi (Pendidikan Matematika), Muhammad Afdhal (Ilmu Komunikasi), Fatlun Afrori (Pendidikan Ekonomi), Rahayu Mulyani (Akuntansi), Devi Monica (Hukum Tata Negara), Wida Nurwati (Hukum Tata Negara), dan Zurmi gusfanira (Psikologi).

Setelah berdiskusi dan meminta izin kepada Kepala Sekolah SDN 029 Sungai Pinang, mahasiswa KKN melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan seluruh siswa-siswi di lingkungan sekolah untuk menyampaikan edukasi mengenai Pandemi Covid-19. Mereka menjelaskan cara-cara pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para pelajar SDN seperti dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak.

Afdhal selaku Ketua Kelompok KKN-DR Sungai Pinang menjelaskan, kegiatan ini dilakukan berawal dari kepedulian dan salah satu bentuk edukasi kepada siswa-siswi mengenai penting menjaga dan mematuhi protokol kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Agenda ini sendiri bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sehat di tengah pandemi Covid-19 terutama di lingkungan sekolah. Selain itu anak-anak juga termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19,” ujar Afdhal.



Kepala Sekolah SDN 029 Sungai Pinang Zainal Arifin SPd mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN-DR Sungai Pinang di sekolahnya. Ia berharap kegiatan yang dilakukan dapat menumbuhkan kesadaran akan bahaya virus Covid-19 serta akan pentingnya pola hidup sehat di lingkungan siswa sekolah dasar. (*)

Penulis: Rahmat Pajri (Mahasiswa KKN-DR UIN Suska Riau)