Peran Mahasiswa Terhadap Pembangunan Daerah di Minas Jaya Kabupaten Siak

Admin
467 view
Peran Mahasiswa Terhadap Pembangunan Daerah di Minas Jaya Kabupaten Siak

DATARIAU.COM - Persoalan pembangunan daerah sangatlah penting guna memberikan kemajuan ditingkat nasional. Pembangunan yang dimaksud adalah pemberdayaan sumber daya alam yaitu sektor pemberdayaan masyarakat. Salah satu langkah pemerintah adalah dengan memberikan kebijakan otonomi daerah bahkan sampai level desa. Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang sangat berperan penting untuk kemajuan suatu daerah. Karena Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa harus memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap masyarakat karena mahsiswa mempunyai peran yang penting dalam aspek-aspek penunjang pembangunan daerah.

Hakikat fungsional mahasiswa sebagai bagian dari anggota masyarakat, secara langsung maupaun tidak langsung mempunyai beban amanah dan tanggung jawab moril kepada daerah.

Selain selaku pribadi yang diutus oleh keluarga untuk menuntut ilmu dalam rangka meningkatkan taraf hidup, menambah wawasan dan meningkatkan pola pikir, mahaiswa juga punya tanggung jawab untuk bagaimana setelah menyelesaikan kuliahnya bisa kembali ke daerahnya dalam rangka membangun daerahnya masing-masing. Baik itu dari segi sosial, budaya, ekonomi bahkan dalam mentransformasi nilai-nilai yang bisa mengembangkan pola pikir masyarakat.

Mengapa mahasiswa sangat dibutuhkan dalam membangun otonomi daerah? Kita tahu bahwa mahasiswa merupakan msyarakat kalangan elite, karena dari segelintir manusia tak semua dapat merasakan bangku perkuliahan. Harapannya mahasiswa mampu memberikan idealisme yang lebih luas dalam aspek-aspek kehidupan karena pola pikir mahasiswa memiliki mobilitas yang lebih luas.

Sebagai putra putri daerah mahassiswa dapat membangun nama baik daerah dengan cara memberikan restasi yang bagus. Baik secara formal maupun nonformal. Dalam masyarkat mahasiswa diharapkan mampu jadi penyambung lidah antara masyarakat dan pemerintah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Suatu keharusan bagi mahasiswa untuk membantu menyelaraskan hubungan masyarakat dan pemerintah. Bersatu untuk pembangunan sumber daya manusia yang lebih unggul dan berdaya saing tinggi.

Sudah saatnya mahasiswa mengubur cara berfikir yang tak membawa hasil untuk kepentingan khalayak orang banyak, cara berfikir pragmatis, hedonis adalah salah dua dari penyakit kebanyakan mahasiswa dalam mencoba mengerakkan diri untuk kepentingan khalayak orang banyak.

Begitu pula dengan pengembangan potensi diri sebagai mahasiswa dalam menciptakan lapangan kerja sendiri harus memiliki mental yang kuat, terkait dengan kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah dalam beberapa sektor atau program peran seorang mahasiswa harus tetap aktif, di karenakan posisi mahasiswa sekali lagi berada di antara pemerintah dan masyarakat.

Keberadaannya tersebutlah yang ditunggu oleh pemerintah dan masyarakat dalam memajukan prekonomian maupun kesejahteraan rakyat, tidak menutup kemungkinan bahwa pembangunan di tingkat daerah akan berpengaruh besar terhadap tingkat nasional.

Keaktifan mahasiswa diharapkan agar supaya melihat potensi-potensi tersebut melalaui program yang sudah di terapkan maupun yang direncanakan oleh pemerintah daerah, sehingga pengambilan peran sebagai mahasiswa dalam hal ini menjadi lebih mudah dan lebih terarah untuk mencapai angka kemiskinan serta penganguran menjadi menurun.

Kelurahan Minas Jaya merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Minas daerah Kabupaten Siak yang dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Siak Nomor 22 tahun 2001 tanggal 26 November 2001.

Sehubungan dengan perkembangan Kabupaten Siak dengan memperhatikan aspirasi yang berkembang di dalam masyarakat dipandang perlu meningkatkan penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut dengan memperhatikan perkembangan jumlah penduduk, luas wilayah, sosial budaya dan meningkatkan beban tugas serta volume kerja di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan mpemberian pelayanan kepada masyarakat masing-masing desa tersebut, dipandang perlu membentuk kelurahan dengan memekarkan Desa Minas Timur selaku desa induk, cikal bakal terbentukan Kelurahan Minas Jaya.

Oleh sebab itu, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Siak nomor 39 Tahun 2002 tentang pembentukan Kelurahan Minas Jaya, Kelurahan Simpang Belutu, Kelurahan Telaga Sam Sam, Kelurahan Kandis Kota yang didahului oleh pemekaran Kecamatan Tualang menjadi Kecamatan Sungai Mandau pada tahun 2001 yang setahun kemudian dimekarkan Kecamatan Minas menjadi Kecamatan Kandis sesuai Perda Kabupaten Siak nomor 42 Tahun 2002.

Masyarakat Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, khususnya yang berdomisili di Wilayah Kelurahan Minas Jaya, pernah mengeluhkan kualitas air bersih dari PDAM yang merupakan salah satu unit usaha milik daerah Kabupaten Siak, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum di kecamatan Minas. Hal ini bisa diperjuangkan oleh para mahasiswa agar aspirasi masyarakat ditindaklanjuti pemerintah.

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)