Komisi IV Ingatkan Pemko Soal Pembangunan Pasar Cik Puan, Nurul: Siapapun Pengelolanya, Jangan Beratkan Pedagang

Endi Dwi Setyo
81 view
Komisi IV Ingatkan Pemko Soal Pembangunan Pasar Cik Puan, Nurul: Siapapun Pengelolanya, Jangan Beratkan Pedagang
Foto: Endi Dwi Setyo
Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Nurul Ikhsan

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan mewanti-wanti Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar memberi kepastian dalam kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan yang berada di Jalan Tuanku Tambusai.

"Siapapun yang akan mengelola Pasar Cik Puan, tentu harus berpihak ke para pedagang. Baik itu nantinya dikelola pemerintah maupun pihak swasta," kata Nurul, Kamis (21/10/2021).

Nurul menyarankan agar pembangunan Pasar Cikpuan tidak membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru. Hal ini mengingat kondisi keuangan daerah yang sangat minim dan terbatas akibat pandemi Covid-19.

"Jangan sampai pasar ini dikelola oleh pemerintah dengan beban biaya APBD, karena skala prioritas pekerjaannya itu bisa terganggu," ujarnya.

Jika Pasar Cikpuan ini diswastanisasikan, Nurul menegaskan agar sistem kontrak kerja pembangunan pasar ini harus profesional. Selain itu, ia juga meminta pihak ketiga yang mengelola pasar ini nantinya agar tidak serta merta memberlakukan harga sewa yang tinggi kepada para pedagang terutama pedagang kecil.

"Kita (DPRD) berharap kalau seandainya nanti dikelola oleh pihak ketiga, mereka harus mempertimbangkan (harga sewa) itu dengan putaran ekonomi yang ada di Pasar Cikpuan," tegasnya.

Politisi Gerindra ini mengungkapkan, kendala belum dikerjakannya pembangunan Pasar Cik Puan hingga kini dikarenakan belum rampungnya status sertifikasi tanah lahan pasar tersebut dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke Pemerintah Kota (Pemko). Hal ini ia katakan setelah berbincang bersama Kepala Dinas Pertanahan Dedi Gusriadi.

Dalam pertemuannya dengan Kadis Pertanahan, Nurul menyampaikan Pemko Pekanbaru tengah mengupayakan secepatnya untuk menyelesaikan peralihan status sertifikasi tanah tersebut.

"Ya, peralihan ini diharapkan bisa segera selesai supaya Pasar ini bisa segera ditenderkan apabila ada pihak ketiga yang mau bekerjasama mengelola Pasar Cikpuan," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com