Komisi I Segera Panggil Satpol PP Pekanbaru Terkait Sanksi THM Hanya Rp500 Ribu

Datariau.com
186 view
Komisi I Segera Panggil Satpol PP Pekanbaru Terkait Sanksi THM Hanya Rp500 Ribu

PEKANBARU, datariau.com - Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Doni Saputra SH, menegaskan bahwa pihaknya saat ini sedang mempersiapkan untuk memanggil Satpol PP Pekanbaru terkait sanksi yang diberikan kepada tempat hiburan malam pelanggar PPKM hanya disanksi Rp500 ribu, tidak sesuai Perda.

"Ini harus menjadi prioritas, dan Komisi I juga mengkritik sanksi yang dijatuhkan oleh Satpol PP ke tempat hiburan malam CE7 yang tetap beroperasi di masa PPKM," kata Doni, Jumat (23/7/2021).

Dikatakan Politisi PAN ini, langkah Satpol PP yang masih menggunakan Peraturan Walikota (Perwako) Pasal 10 Nomor 80 Tahun 2021 untuk menindak masyarakat yang melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) sangat keliru.

"Padahal sudah ada Perda Nomor 05 Tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat dari Penyebaran dan Dampak Covid-19. Turunan undang-undang ketika Perda sudah disahkan tidak perlu menunggu lama, jangan dijadikan masa transisi sebagai alasan," tegas Doni.

Karena Perda sudah disahkan oleh DPRD, politisi PAN ini menegaskan Satpol PP tinggal menerapkan Perda tersebut di lapangan. Jika Perda ini harus dilakukan sosialisasi lagi, menurutnya sudah tidak masanya lagi karena saat ini kondisi penyebaran Covid-19 sudah menghawatirkan.

Dijelaskan Doni, bahwa dalam rapat Pansus revisi Perda Covid-19 beberapa waktu lalu, seluruh pihak mulai Satpol PP, Polri, TNI, Kejaksaan, Menkumham, dan juga pelaku usaha sudah diundang untuk membahas peraturan ini.

"Artinya seluruh pihak sudah paham dengan peraturan ini," jelasnya.

Dari itu Doni juga menjelaskan kemungkinan Satpol PP Pekanbaru akan dipanggil oleh DPRD Pekanbaru, namun sebelum menanggil Satpol PP Komisi I akan menggelar rapat internal terlebih dahulu.

"Untuk menyikapi permasalahan ini, kemungkinan besar kita akan memanggil Satpol PP," pungkasnya. (red)