Komisi I DPRD Pekanbaru Sebut Rotasi Pejabat Wajar Dilakukan Pemko

Endi Dwi Setyo
83 view
Komisi I DPRD Pekanbaru Sebut Rotasi Pejabat Wajar Dilakukan Pemko
Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru dari Fraksi PAN, Indra Sukm

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Indra Sukma menyebut Tujuh pejabat esselon II yang dirotasi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merupakan sesuatu hal yang wajar dilakukan dilingkungan ASN.

"Kalaupun ada PR yang belum terselesaikan, tentu itu kewajiban dari pejabat yang baru ditunjuk atau yang baru ditempatkan di OPD terkait untuk menyelesaikan tugas yang belum terselesaikan oleh pejabat sebelumnya," kata Indra, Selasa (26/10/2021).

Indra menegaskan agar Pemko Pekanbaru terlebih dahulu melakukan assessment atau penilaian kepada pejabat yang akan dilantik.

Ia berharap, dengan adanya assessment yang dilakukan tersebut nantinya bisa memacu kinerja dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Sekali lagi saya katakan bahwa rotasi, mutasi dan promosi adalah hal biasa di lingkungan ASN. Untuk menempatkan seorang pejabat di eselon II pemerintah harus melakukan Assessment serta harus sesuai dengan kriteria dan memenuhi persyaratan," terangnya.

Politisi PAN ini juga mengatakan bahwa Walikota memiliki kewenangan untuk merotasi pejabat yang ada dilingkungan Pemko Pekanbaru apabila ada OPD yang sudah ditunjuk atau didefinitifkan namun kinerjanya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Kalau memang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka Walikota juga punyak hak untuk memutasikan atau merotasi pejabat yang bersangkutan," tutupnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com