Doni Saputra Turun Langsung Temui Pedagang Pasar Agus Salim yang Digusur

Admin
195 view
Doni Saputra Turun Langsung Temui Pedagang Pasar Agus Salim yang Digusur
Foto: Endi Dwi Setyo
Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Doni Daputra SH turun langsung meninjau Pasar Agus Salim pasca terjadinya penggusuran oleh Tim Yustisi beberapa hari yang lalu.

PEKANBARU, datariau.com - Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Doni Daputra SH turun langsung meninjau Pasar Agus Salim pasca terjadinya penggusuran oleh Tim Yustisi beberapa hari yang lalu. Ia sangat menyayangkan adanya pergusuran pedagang kaki lima (PKL) di Pasar tersebut. Selain berujung kericuhan, saat ini para pedagang juga tidak lagi bisa mencari nafkah karena tidak memiliki lapak baru untuk berjualan kembali.

"Ketika saya turun ke lokasi penggusuran, saya melihat tempat relokasi pedagang yang disediakan tidak layak. Hanya berukuran 1 kali 1 meter dan seluruh pedagang sayur maupun daging digabung menjadi satu," kata Doni, Senin (22/11/2021).

Doni mengungkapkan bahwa Komisi I DPRD Pekanbaru tidak pernah sama sekali dilibatkan oleh Pemko Pekanbaru mengenai rencana Pasar Agus Salim yang akan disulap menjadi seperti Malioboro yang ada di Yogyakarta, seperti adanya kawasan tempat kuliner dan oleh-oleh khas Pekanbaru.

"Untuk pembangunan pasar ini kami (Komisi I) belum mendapatkan data, baik itu perizinan dan bentuk bangunannya," tegasnya.


Dijelaskan Doni, sekitar 5 bulan yang lalu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut pernah mendatangi Komisi I DPRD Pekanbaru untuk berkonsultasi terkait dengan program Pemko Pekanbaru ini.

Didalam pertemuan itu, Komisi I DPRD juga menegaskan sekaligus mewanti-wanti Pemko Pekanbaru agar terlebih dahulu melakukan pendataan seluruh pedagang dan menyiapkan tempat relokasi pedagang yang layak, aman dan juga nyaman.

"Komisi I sudah mengingatkan kalau memang dibuat seperti (Malioboro) Jogja diharapkan tidak ditunggangi kepentingan lain, namun jika ini program pemerintah DPRD akan mendukung," ujarnya.

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com