Semakin Akrab dengan Gadget, Waspadai Kesehatan Mata Anak di Masa Pandemi

Sindy Aprilia Dwiyanti
105 view
Semakin Akrab dengan Gadget, Waspadai Kesehatan Mata Anak di Masa Pandemi
Gambar : suaramuhammadiyah.id

DATARIAU.COM -Situasi pandemi Covid-19 membuat sebagian besar orang beraktivitas di rumah saja. Tak terkecuali anak-anak.

Pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat mereka 'semakin akrab' dengan gadget. Kondisi itu tentunya akan berdampak buruk pada kondisikesehatan matamereka.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, jika para orang tua tidak membatasi penggunaan gadget pada anak, maka kerusakan fungsi organ yang terjadi kali pertama adalah pada bagian mata.

Ia juga menyebutkan masa pandemi Covid-19 membuat anak yang berusia di bawah 5 tahun pun mulai terbiasa menggunakan gadget, hal ini yang harus menjadi perhatian oleh banyak pihak.


"Zaman sekarang, umur di bawah 5 tahun sudah hobi bermain gadget, apabila orang tua tidak mencegah (anak) menggunakan gadget, saya kira yang pertama ada gangguan, sudah pasti mata," kata dr. Maxi, dalam virtual conference bertajuk 'Hari Penglihatan Sedunia', Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, langkah antisipasi dan penanganan terhadap dampak buruk terkait paparan radiasi gadget ini adalah melalui literasi mengenai bahaya gadget yang dapat menimbulkan gangguan pada mata.


"Kita tingkatkan kesadaran masyarakat tentang efek radiasi gadget maupun elektronik lain, terutama pada anak secara dini harus dilakukan," tegas dr. Maxi.

Perlu diketahui, data dari World Report On Vision tahun 2019 menunjukkan penduduk dunia yang mengalami gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, penglihatan ganda (diplopia), hingga katarak mencapai sekitar 2,2 miliar.

Lalu dari angka 2,2 miliar itu, 2,2 juta diantaranya merupakan penderita dari Indonesia. (*)


Source : tribunnews.com