Ibu Hamil Waspada Jika Minum Air Kelapa, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

Ruslan
158 view
Ibu Hamil Waspada Jika Minum Air Kelapa, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar
Ilustrasi (Foto: Internet)

DATARIAU.COM - Air kelapa yang memiliki sejuta manfaat, juga dikenal punya beragam khasiat untuk ibu hamil. Selain mencegah dehidrasi, air kelapa juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan janin.

Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat dan protein. Selain itu, minuman pengganti elektrolit ini juga mengandung berbagai mineral penting, seperti magnesium, kalsium dan kalium.

Nah, berkat berbagai kandungan sehat tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah sebagai pengganti elektrolit, memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih.

Selain itu, air kelapa juga dapat mendukung tumbuh kembang janin dan membantu menurunkan tekanan darah. Tapi hati-hati, terkait manfaatnya yang terakhir, yaitu menurunkan tekanan darah, hal itu malah bisa menjadi bumerang bagi ibu hamil.

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengingatkan, ibu hamil harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi air kelapa. Karena kemampuannya yang kuat untuk menurunkan tekanan darah, air kelapa malah bisa berdampak buruk bagi ibu hamil. Apa itu?

"Jadi kalau Anda minum air kelapa, hati-hati dengan tekanan darahnya. Terutama yang hamil karena bisa menurunkan tekanan darah atau bisa jadi hipotensi (tekanan darah rendah). Kalau hipotensi nanti bisa pusing dia," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @dokterzaidulakbar, dikutip VIVA, Senin, 6 September 2021.

Selain air kelapa, dokter Zaidul turut memperingatkan, ibu hamil juga harus berhati-hati jika mau mengonsumsi habbatussauda. Meski diperbolehkan untuk dikonsumsi wanita hamil, namun tetap harus memerhatikan jumlahnya.

"Habbatussauda boleh enggak dikonsumsi selama kehamilan? Sebenarnya boleh aja untuk mendapatkan asupan-asupan asam aminonya. Tapi jangan dalam jumlah besar, karena dia kecenderungannya panas. Jadi, mungkin habbatussaudanya sekali-sekali silakan aja minum," terang dia.

Alih-alih mengonsumsi air kelapa dan habbatussauda, Zaidul Akbar lebih menyarankan konsumsi beberapa bahan alami berikut ini, yang terbukti aman untuk kehamilan.

"Tapi saya biasa sampaikan, kalau lagi hamil lebih baik Anda konsumsi kaya madu, kurma dan zaitun. Itu jauh lebih aman secara umum buat kehamilan. Meskipun tadi habbatussauda kalau minum sekali-sekali boleh. Insya Allah enggak masalah," ungkap dr. Zaidul Akbar. (*)

Source: viva.co.id