Hati-hati, Ternyata Urut Tak Bisa Sembuhkan Keseleo

anisah
194 view
Hati-hati, Ternyata Urut Tak Bisa Sembuhkan Keseleo
Foto: medicastore. Com
DATARIAU. COM - Banyak orang masih memilih tindakan urut untuk mengobati urat atau otot yang robek dan mengalami cedera akibat keseleo. Ternyata, urut tidak bisa menyembuhkan keseleo.

Dokter spesialis kedokteran olahraga Andhika Respati mengatakan, terapi massage, urut, atau pijat hanya membantu pasien merasa nyaman dari rasa nyeri, merelaksasi tubuh, dan mengurangi keluhan seperti tegang, pegal, dan lainnya.

"Jadi kalau bicara keseleo, itu gampangnya ada sobekan di ligamen, ligamen itu urat yang menyambungkan antar tulang. Kalau misalnya sobek, pakai logika saja, dipijit apa bisa tersambung kembali?" kata Andhika.

Menurut dia, baik otot tendon maupun urat baru dapat sembuh dari sobekan setelah melalui proses penyembuhan (healing time) dalam kurun waktu tertentu.

Bila robekannya sangat besar, maka pasien membutuhkan operasi dan tindakan medis lainnya. Karena itu penting untuk bisa membedakan antara mengurangi keluhan dengan menyembuhkan.

"Banyak orang yang keseleo ankle, pergelangan kaki, diurut jadi enak. Benar enak, karena lebih rileks tapi apakah ligamennya menyambung? Belum," ujar Andhika.

"Makanya kenapa banyak orang kena ankle, dipijit jadi kumat-kumatan, jadi sedikit injak lubang sedikit keseleo, kesenggol sedikit keseleo karena tidak dilatih, tidak ditangani sebagaimana semestinya."

Ia pun menganjurkan orang yang mengalami keseleo untuk rajin melakukan latihan stabilisasi tubuh. Contohnya dengan belajar berdiri satu kaki untuk membantu sendi kembali stabil dan cedera tidak kumat di kemudian hari.

Andhika menambahkan, jika masih ingin mendapatkan tindakan pijat atau urut, maka pilih ahli yang kompeten untuk menghindari perburukan kondisi.

Selain itu, penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lainnya.

"Jadi oke, urut silahkan kalau pada masanya ya, kalau masih bengkak sekali itu tidak boleh," kata dia (Pua/pua)***

Sumber: Cnnindonesia.com

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)