Tim Kukerta UNRI Babussalam Rokan Ikut Program Imunisasi dan Skrining Kesehatan

184 view
Tim Kukerta UNRI Babussalam Rokan Ikut Program Imunisasi dan Skrining Kesehatan
Foto: Ist
Tim kukerta Unri kerjasama dengan bidan desa Babussalam Rokan untuk melakukan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan warga Desa Babussalam Rokan, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

DATARIAU.COM - Sebagai bentuk nyata dari pengabdian dalam satuan tingkatan desa maka program-program yang diusung oleh mahasiswa Universitas Riau, dalam Kukerta Balek Kampung 2020 ini difokuskan untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat Desa Babussalam Rokan, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Salah satu bidang yang ditargetkan adalah kesehatan. Maka untuk mewujudkan program ini, tim kukerta melakukan kerja sama dengan bidan desa Babussalam Rokan untuk melakukan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan warga desa.

Kamis (23/7/2020), kegiatan ini dilakukan pada dengan mengunjungi satu persatu rumah warga di desa Babussalam Rokan bersama bidan desa setempat. Sasaran dari program ini khususnya adalah ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi dimana kegiatan yang dilaksanakan berupa pemeriksaan suhu tubuh, periksa darah, HIV, hepatitis, dan imunisasi bayi.

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi imunisasi bagi bayi dengan mengunjungi rumah warga secara langsung serta untuk mengetahui apakah ibu hamil dan menyusui yang diperiksa memiliki penyakit atau tidak sehingga penularannya terhadap anak dalam kandungan ataupun bayi dapat dicegah secara dini. Apabila tes darah menunjukkan reaksi positif terhadap penyakit tertentu maka bidan desa akan melakukan penyuntikan terhadap ibu tersebut. Diharapkan dengan kerja sama antara mahasiswa kukerta dengan bidan desa ini dapat meningkatkan pembangunan desa di bidang kesehatan.

Berikut adalah mahasiswa yang tergabung dalam Tim Kukerta Balek Kampung 2020 Desa Babussalam Rokan; Robi Bintang (FEB), Nur Rohani (FKIP), Vallerin Goldia TH (FT), Nur Hafizah (FT), Yustia Nurmalasari (FISIPOL), Fannysa Aidilla (FEB), Rabiyatul Maesyarah (FMIPA), Ica Irawan (FMIPA), Luthfi Agusta Mel (FMIPA), Muhammad Hafez Aljundi (FMIPA). (rls)

Editor
: Redaksi
Sumber
: datariau.com
Tag: