Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau Tegaskan Tidak Ada Gambar Palu Arit di Rupiah Baru

Admin
2.417 view
Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau Tegaskan Tidak Ada Gambar Palu Arit di Rupiah Baru
Riauterkini.com
Ilustrasi.

PEKANBARU, datariau.com - Untuk meluruskan persepsi masyarakat terkait tudingan ada lambang PKI yakni palu arit di uang rupiah, Bank Indonesia menyatakan tidak ada gambar palu arit di uang rupian Indonesia.

"Uang baru itu memiliki 9-12 unsur pengaman seperti tanda air, benang pengaman, tulisan mikro, tinta berubah warna, gambar tersembunyi dan gambar yang saling isi (rektoverso). Rectoverso ini merupakan pengaman yang paling unggul dan sulit untuk dipalsukan," kata Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Ismet Inono dikutip riauterkinicom, Selasa (24/1/2017).

Menurutnya, sesuai dengan UU no 7 tahun 2011 tentang penerbitan uang NKRI dan keputusan Presiden RI no 31 tahun 2016 tentang penetapan gambar pahlawan nasional rupiah dan diisetujui dari Kemensos yang juga sudah disetujui ahli warisnya uang rupiah NKRI mengambil gambar pahlawan nasional Indonesia.

"Rectoverso adalah sistem keamanan uang dari upaya pemalsuan. Hampir seluruh mata uang di berbagai negara di dunia ini menggunakan pengaman uang rectoverso. Kalau dipersepsikan orang yang dimirip-miripkan dengan lambang tertentu, boleh saja. Namun demikian, bentuk rectoverso sudah dibahas dalam tim Botasupal," terangnya.

Botasupal itu, kata Ismet, adalah Badan Kordinasi Pemberantasan Uang Palsu. Tim Botasupal beranggotakan BI, Kepolisian, Departemen keuangan. Jadi, menurut Ismet, tidak ada unsur kesengajaan dalam penggunaan rectoverso yang kemudian dimirip-miripkan tanda pengamanannya dengan gambar palu arit seperti pada rectoverso.

Editor
: Adi
Tag:Rupiah