Polisi Ungkap Kasus Pencurian dan Pembunuhan di Desa Lubuk Bendahara Rokan Hulu

Kakak Indra Purnama
512 view
Polisi Ungkap Kasus Pencurian dan Pembunuhan di Desa Lubuk Bendahara Rokan Hulu
Gambar: Tempo.co

ROHUL, datariau.com - Tim Resmob Polres Rokan Hulu (Rohul) berhasil mengungkap kasus pencurian dan pembunuhan di Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto mengungkapkan, terdapat dua pelaku yang ditangkap atas tewasnya seorang warga berinisial AR (34).

"Sudah ditangkap dua orang pelaku berinisial RP alias Iwan, dan WS alias Wandi. Keduanya ini yang melakukan pencurian dengan kekerasan (Curas), yang mengakibatkan korbannya meninggal dunia di Kecamatan Rokan IV Koto beberapa waktu lalu," kata Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Ia menuturkan, penangkapan kedua pelaku dilakukan oleh Tim Resmob Polres Rohul yang dipimpin Kasatreskrim, AKP Rainly pada Sabtu (14/10/2021), sekitar jam 11.20 WIB.

Mulanya, tim menangkap pelaku WS. Setelah diinterogasi, ternyata ia tidak sendirian saat beraksi. WS menyebut nama RP, seorang yang membantunya menyediakan sepeda motor.

Sementara satu pelaku berinisial AT, seorang yang ikut mengeksekusi korban masih buron.

"Tim langsung melakukan pengejaran dan menangkap pelaku RP di daerah Kabupaten Pelalawan. Sementara satu orang pelaku ekaku yang bernama AT, saat ini masih dilakukan pengejaran oleh Tim Resmob Polres Rohul," ujar Eko.

Eko mengungkap, salah seorang pelaku, RP terpaksa ditembak petugas lantaran melawan saat ditangkap.

"Jadi, pelaku RP ini yang menikam korban pakai gunting. Pelaku terpaksa diberikan tindakan tegas, karena pada saat penangkapan melakukan perlawanan," tutup Eko.

Berawal pencurian di rumah korban Diberitakan sebelumnya, seorang pria tak dikenal tiba-tiba masuk ke rumah AR (34), warga di Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (6/10/2021), pukul 02.00 WIB.

Kedatangan pria tidak dikenal tersebut membuat AR dan keluarganya kaget. Karena pelaku masuk ke dalam rumah korban untuk mencuri.

"Saat itu, korban ini terbangun dari tidurnya, karena ada sosok pria yang masuk ke dalam rumahnya,” ujar Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito kepada wartawan.

Karena tidak mengenali pria itu, lanjut dia, AR sontak meneriaki dan bertanya kepada pelaku yang masuk ke rumahnya.

Pelaku yang diketahui akan mencuri langsung lari ke luar rumah AR tanpa berkata. Korban lantas tidak terima, saat itu juga korbaban mengejar pelaku. Namun, setelah mengejar pria tersebut, tetangga korban tiba-tiba mendengar teriakan minta tolong.

"Karena dengar suara minta tolong, saksi yang merupakan tetangga korban langsung keluar rumah, dan melihat korban sudah ditusuk oleh pelaku pakai gunting dan akhirnya korban meninggal dunia,” jelas Wimpiyanto.

Dari kejadian itu, Polsek Rokan IV Koto langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menyelidiki para pelaku penusukan tersebut. (*)

Source: Kompas.com