Perkenalkan Adat Budaya Sejak Dini, SD di Bangkalan Kenakan Pakaian Khas Madura

Sindy Aprilia Dwiyanti
130 view
Perkenalkan Adat Budaya Sejak Dini, SD di Bangkalan Kenakan Pakaian Khas Madura
Gambar : ngopibareng.id

DATARIAU.COM - Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bangkalan gunakan pakaian adat budaya Madura Sakera dan Marlena. Hal itu dilakukan selain ingin melestarikan pakain adat budaya setempat, mereka juga ingin para siswa dapat mengenali dan mengetahui adat budayanya sendiri sejak dini.

Siswa laki-laki mengenakan baju putih bergaris merah yang di lapisi hitam polos dan celana hitam, lengkap dengan ikat kepala (odheng) pakaian ini dikenal pesak.

Sementara bagi siswa perempuan mengenaikan pakaian kebaya merah, jilbab merah dan bawahanya sampur berwarna merah agak kehitaman. Pakaian perempuan disebut marlena khas adat budaya madura.

Pakaian adat budaya sakera dan marlena digunakan khusus saat hari besar nasional maupun hari kebesaran wilayah setempat. Hal ini dilakukan agar siswa mengenal dan mengetahui sejak dini pakaian adat istiadat budaya daerah supaya tetap lestari.

"Setiap ada hari besar nasional, siswa disini memakai adat budaya kedaerahan, sakera, marlena, ini dilakukan supaya adat budaya tidak luntur," kata Nurhayati Eka, kepala sekolah SDN Kemayoran Satu Bangkalan.

Meski pakain adat budaya madura ini digunakan dalam hari tertentu, namun para siswa sangat menyukainya.

"Di hari biasa, tetap memakai seragam merah putih, seragam kain batik dan baju olahraga. Saya senang sekali dan bangga pakai pesak," imbuh Fahrisa Athaya, siswa SDN Kemayoran Satu Bangkalan.

Pakaian warisan dari para leluhur, diharapkan tetap dikenang dan dicintai oleh generasi penerusnya. (*)

Source : tvonenews.com

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)