Penghulu Salak Abdul Karim Kecewa, Dinilai Camat Basira Diduga Persulitkan Tandatangan Berkas Pengajuan Permohonan DD Tahap II Tahun 2021

Samsul
107 view
Penghulu Salak Abdul Karim Kecewa, Dinilai Camat Basira Diduga Persulitkan Tandatangan Berkas Pengajuan Permohonan DD Tahap II Tahun 2021
Datuk Penghulu Salak Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Abdul Karim 

BASIRA, datariau.com - Datuk Penghulu Salak Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Abdul Karim mengaku kecewa dengan kepemimpinan Camat Basira Drs HM Yusuf MSi yang dinilai terkesan lambat dan persulit penandatangan berkas pengajuan permohonan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2021.

"Berkas pengajuan permohonan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2021 sudah kami ajukan seminggu yang lalu, namun sampai sekarang belum juga ditandatangani pak Camat Basira," ungkap Abdul Karim dengan nada kesal kepada wartawan, Senin (25/10/2021) kemarin.

Abdul Karim menilai dengan lambatnya penandatangan permohonan berkas DD tersebut dinilai sudah memperlambat pembangunan desa yang mana pencairan tahap II ini waktunya hanya tinggal dua bulan lagi dan dikhawatirkan nantinya pekerjaan pembangunan tidak terselesaikan diakhir tahun sehingga menjadi SILPA.

"Waktunya sudah tinggal dua bulan lagi, kalau permohonan berkas DD lambat secara otomatis pencairan anggaran juga menjadi lambat dan pembangunan tidak dapat diselesaikan diakhir tahun ini dan menjadi SILPA," tegas Karim.

Bahkan katanya lagi, tim kecamatan sudah melakukan verifikasi ke desanya pada Senin (25/10/2021) kemarin dan informasinya di kepenghuluan lain sudah ditandatangani oleh camat. Dengan demikian pembangunan desa bisa jadi terkendala dikahir tahun ini.

"Berkas permohonan kami sudah kita antar seminggu yang lalu, dan sudah dilakukan verifikasi, namun belum juga di tandatangani Camat. Ini kesannya memperlambat dan mempersulit berkas pengajuan permohonan DD tahap II desa kami," kesal Karim lagi.

Penghulu Salak Abdul Karim yang juga sebagai ketua Laskar Hulu Balang Kabupaten Rokan Hilir ini menegaskan dengan lambatnya penandatangan berkas ini maka pengiriman berkas ke dinas PMD juga menjadi terlambat.

"Kami sangat kecewa dengan Camat Basira M Yusuf atas lambatnya penandatangan ini. Kita sudah ketinggalan jauh dengan desa dan kecamatan lain kalau seperti ini," ujarnya.

Camat Basira Drs HM Yusuf MSi dikonfirmasi datariau.com, Kamis (28/10/2021) melalui pesan WhatsApp mengatakan, non coment, tim verifikasi masih bekerja.Tidak ada urusan penghulu intervensi kerja camat. "Kami bekerja sesuai atur. Kerja belum selesai. Tim masih berkerja," pungkas Camat Basira.

Terkait berita ini, datariau.com juga berupaya melakukan verifikasi berita kepada Dinas PMD Kabupaten Rokan Hilir untuk selanjutnya. (*)

Tag:Rohil