HM Adil Bupati Meranti MoU Dengan Pihak BPS Wujudkan Program Satu Data Indonesia

Samsul
127 view
HM Adil Bupati Meranti MoU Dengan Pihak BPS Wujudkan Program Satu Data Indonesia

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Lakukan Penanda Tanganan Nota Kesepahaman (MoU) Satu Data Indonesia di Kabupaten Kepulauan Meranti Bertempat di Gedung Afifa Lantai II, Selasa (05/10/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Meranti H Kamsol, Staf Ali Sekdakab, Asisten Sedkab, Kepala BPS (Badan Pusat Stastistik) Ari Setiadi Gunawan SH, Serta Pejabat dilingkungan Pemkab Meranti.

Kemudian sambutan Ari Setiadi Gunawan SH selaku Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Meranti mengatakan bahwa Bapeda punya teknis data, oleh karena itu kalau mau mewujudkan satu data harus punya teknis yang matang, kami sudah mencoba aplikasi yang akan diterapkan disetiap OPD selanjut kita akan diskusikan antara Bapeda dan OPD.

"Kita akan membuat forum setiap OPD yang memegang data, dan akan kita buka secara umum siapa saja boleh masuk, rencana kita asetiap bulan akan melakukan diskusi bersama forum nantinya. Nantik kita akan melakukan berbagai kegiatan dan beberapa materi untuk dibahas", ungkapnya Kepala BPS Meranti.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan bahwa, mewujudkan satu data untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah sebuah langkah penting yang harus didukung oleh kita semua. Mengutip pidato presiden RI Bapak Joko Widodo pada pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 2019 bahwa "data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Kini data lebih berharga daripada minyak. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan. Hak Warga Negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasi harus segera disiapkan tidak boleh ada kompromi.

Untuk dapat mewujudkan program satu data,

presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia yang menjadi landasan hukum dalam perbaikan tata kelola data. Dengan program satu data di Kabupaten Kepulauan Meranti, kedepan tidak ada lagi perbedaan data, sehingga dapat memudahkan pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan.

Satu Data adalah kebijakan tata kelola data

pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi terpadu, dan dapat Daerah melalui pemenuhan Standar Data. Disamping itu Satu Data ini berarti nantinya informasi data mudah diakses oleh siapa saja, baik dari pemerintahan, akademis dapat menggunakan data tersebut sesuai

ketentuan yang ada. ilmuan, dan kepentingan Sesuai amanat Perpres 39 tahun 2019, Salah satu upaya untuk dapat mewujudkan Satu Data di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah dengan dibentuknya Forum Satu Data yang akan dikoordinasi oleh Bappeda dan Kominfotik.

Disamping itu, dengan peran Kominfotik

sebagai walidata, Badan Pusat Statistik sebagai pembina data sektoral, dan BAPPEDA sebagai pengguna dan perencanaan, diharapkan akan mampu mewujud kan satu data. Forum Satu Data dibentuk dengan tujuan memastikan ketersediaan data dan mencegah duplikasi data, penyusunan Rencana Aksi yang terintegrasi, untuk memastikan tersedianya program dan kegiatan yang mendukung pencapaian Satu Data Indonesia.

Data adalah kunci pengambilan keputusan

untuk menuju Kabupaten Kepulauan Meranti yang lebih baik. Satu Data Indonesia di Kabupaten Kepulauan Meranti mendorong dan menjadi salah satu kunci kesuksesan pembangunan terkait dengan tepatnya respon yang diberikan, keakurasian, adaptabilitas dan kolaborasi. Data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang juga berkualitas, yakni bersifat tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan, dan progresif.

"Karena itu, saya meminta agar seluruh Dinas/

Camat Kades/ Lurah untuk mendukung kebijakan satu data di Kabupaten Kepulauan Meranti melalui pemetaan persepsi yang sama, memahami kendala yang sama, serta masukan dari Kementerian dan Lembaga tingkat pusat sangat dibutuhkan," ujarnya.

"Saya inginnmeminta agar semua pihak turut mendukung dan ikut berpartisipasi dalam perbaikan tata Kelola pembangunan Data Kabupaten Kepulauan kegiatan Satu Data dilakukan untuk mendukung dan menjawab tantangan perihal penyelenggaraan data, Indonesia melalui Satu Meranti , Seluruh termasuk mendukung berbagai program pemerintah, khususnya pembangunan di daerah," ungkapnya H Muhammad Adil SH.

"Dengan penandatanganan MoU penyediaan, pemantaatan dan pengembangan data menuju satu data di Kabupaten Kepulauann Meranti diharapkan akan dapat tercipta sistem tata kelola data yang berkualitas dan mudah diakses. Terima kasih atas antusiasme seluruh stakeholder di Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mewujudkan Satu Data Indonesia. Semoga data yang berkualitas akan dapat kita wujudkan untuk menghasilkan pembangunan yang berkualitas dan untuk menuju

Kabupaten Kepulauan Meranti Menuju Smart City," katanya H Muhammad Adil SH.

"Saya minta pada bulan 12 semuanya sudah selesai dan bulan 1 2022 sudah bekerja semuanya, saya berharap kepala OPD bisa bekerja dengan Maksimal sesuai dengan visi-misi, saya ingat jangan meler dalam bekerja ini untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Meranti," akhirnya H Muhammad Adil SH.(Ahmad)

Tag:Meranti