Pelantikan Keluarga Gubernur-Sekda Riau Jadi Pejabat Dinilai Terlalu Vulgar

Admin
356 view
Pelantikan Keluarga Gubernur-Sekda Riau Jadi Pejabat Dinilai Terlalu Vulgar
Gambar: Detikcom
DATARIAU.COM - Pelantikan keluarga Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Yan Prana Jaya pada jabatan eselon III dan IV di jajaran Pemprov Riau mendapat sorotan. Pelantikan keluarga Syamsuar dan Yan Prana itu dianggap terlalu vulgar.

"Selagi kompetensinya mumpuni tidak ada masalah. Tapi kan itu (pelantikan) terlalu vulgar. Ini menjadi sorotan publik karena keluarga dekat dan sedarah dapat jabatan," kata pengamat Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Aidil Haris, Senin (13/1/2020).

Aidil menilai sebenarnya tak ada masalah jika pelantikan eselon III dan IV itu dilakukan sesuai dengan ketentuan dan terbuka. Namun, dia menilai penilaian terkait pengangkatan pejabat tersebut tidak transparan.

"Berani nggak tim Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) memaparkan hasil asesmen itu. Kalau memang hasilnya sesuai dengan kompetensi saya kira tidak ada persoalan," kata Aidil.

"Karena yang dirangkul itu saudara sedarah semua-kan dan itu menjadi sorotan publik, nah sebenarnya Gubernur dan Sekda, hal-hal seperti itu jangan ditonjolkan. Selagi berkuasa, maunya hal seperti itu dia hindari," sambungnya.

Aidil mempertanyakan karir keluarga Syamsuar dan Yan Prana sebelum dilantik. Dia menilai rekam jejak anggota keluarga mereka harus dicek.

"Kakak dan adiknya (Sekda) bagaimana track record-nya, menantunya Pak Syam itu bagaimana sebelum menjabat. Itukan harus jelas itu. Baguskah karir mereka ini, kalau memang bagus ya sudah, berarti sesuai dengan kompetensinya. Jika itu (pelantikan) dipaksakan, ini yang disebut dengan nepotisme," kata Aidil.

Pelantikan keluarga Gubernur Riau Syamsuar dilaksanakan pada Selasa (7/1) lalu. Dalam pelantikan eselon III dan IV itu diketahui adanya menantu Gubernur Riau, Tika Rahmi Syahfitri, yang menjabat sebagai Kasubag Retribusi Bapenda Riau.

Sedangkan keluarga Sekda Riau Yan Prana yang diangkat menjadi pejabat adalah kakak kandungnya Prasurya Darma sebagai Sekretaris Dinas Sosial Riau. Selain itu, adik kandung Yan Prana, Dedi Herman menjabat Kabid Operasi Satpol PP Riau.

Asisten III Pemprov Riau, Indrawati Nasution, membantah bila pelantikan tersebut didasari kekeluargaan. Dia menjelaskan bahwa pelantikan tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pelantikan sudah prosedural, tidak ada aturan yang dilabrak dalam pelantikan tersebut," kata Indrawati.

"Kalau dia menantu gubernur apa dia tidak punya kesempatan untuk dilantik. Menantukan cuma satu, dan memang basicnya di situ, sarjana ekonomi, sah-sah saja. Ketentuan tentang ASN tidak ada yang ditabrak-tabrak," sambung Indrawati. (*)
Sumber
: https://news.detik.com/berita/d-4856597/pelantikan-keluarga-gubernur-sekda-riau-jadi-pejabat-dinilai-terlalu-vulgar