Pawai Karnaval Sumpah Pemuda di Riau, Siak Tampilkan Tarian Olang-Olang

Hermansyah
1.262 view
Pawai Karnaval Sumpah Pemuda di Riau, Siak Tampilkan Tarian Olang-Olang
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi bersama Wakil Ketua I DPRD Siak Fairuz SAg, Sekertaris Daerah Drs H TS Hamzah MSi, Waka Polres Siak Kompol Abdullah Hariri dan seluruh para istri pada Pawai Karnaval Budaya Sumpah Pemuda Tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru.

SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi bersama Forkopimda Siak serta Sekda Kabupaten Siak mengikuti Pawai Karnaval Budaya Sempena Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Riau, Sabtu (19/10/2019) kemarin, di Pekanbaru. 

Tampil berbusana Melayu serta mengenakan tanjak, dan di iringi oleh ratusan jajaran yang berpakaian Adat Nusantara itu terlihat antusias mengikuti pawai karnaval tersebut.

Ditemani istri, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi mengikuti pawai yang dimulai dari garis keberangkatan di Jalan Sumatera menuju Jalan Kartini. Alfedri berjalan telat dibarisan depan sebelum kendaraan yang telah dihias berbentuk rumah adat dan Istana Siak melintas. 

"Pawai budaya ini merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan kepada masyarakat Riau bahwasanya di Kabupaten Siak memiliki suku-suku asli serta beragam budaya dari daerah lain," kata Alfedri. 

Dibuktikan dengan penampilan Tradisi Seni Tarian Olang-Olang yang ditampilkan oleh masyarakat Kecamatan Dayun. Kemudian pada barisan terlihat Pakaian Adat Nusantara menggambarkan Kebhinnekaan masyarakat Kabupaten Siak yang telah terjalin sejak era Kesultanan Siak terdahulu.

Dimasa lalu, kata Alfedri, masyarakat Negeri Istana yang Multikultur dan Multietnis hidup harmonis serta berdampingan dibawah payung panji Budaya Melayu dengan kepemimpinan Sultan Siak yang arif dan bijaksana. 

Hal ini tentunya sesuai dengan semangat Peringatan Sumpah Pemuda, Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda Namun Tetap Satu Jua.

Mobil hias dengan tema Istana Siak Asserayah Al Hasyimiyah, mengilustrasikan kemegahan Istana yang berjuluk Istana Matahari Timur, sebagai kediaman resmi Sultan Siak dimulai sejak pembangunannya pada tahun 1889. Dan pada masa itu Pemerintahan Sultan Siak ke 11 dibawah kepemimpinan Sultan Syarif Hasyim. 

Istana ini memiliki khas perpaduan corak Melayu Arab dengan Eropa, kemudian selesai pembangunanya pada tahun 1893. Saat ini, Istana Siak Asserayah Al Hasyimiyah menjadi kebanggaan masyarakat juga Ikon Pariwisata Kabupaten Siak dan dijadikan logo resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.

Kontingen Kabupaten Siak pada pawai karnaval ini memboyong sebanyak 450 orang peserta yang terdiri dari masyarakat, pelajar, TNI dan Polri yang berpakaian adat beserta Pimpinan OPD dan istri.

Dengan mengusung tema 'Merangkai Budaya Dalam Jalinan NKRI', dimana tema ini diangkat sebagai gambaran konkret Kabupaten Siak sebagai kabupaten  yang penuh dengan keragaman, baik suku bangsa maupun agama.

Editor
: Redaksi
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)