Disebut Berjiwa Aktivis dan Mudah Dekat Dengan Masyarakat, Bupati Irwan: Saya Kenal Rayan, Dia Cocok Jadi Camat

Admin
756 view
Disebut Berjiwa Aktivis dan Mudah Dekat Dengan Masyarakat, Bupati Irwan: Saya Kenal Rayan, Dia Cocok Jadi Camat
Foto: Rahmad Santoso
MERANTI, datariau.com - Sejumlah pejabat struktural eselon III dan IV baru saja dilantik Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, Selasa (26/2/2019) pagi. Salah satu diantaranya, jabatan promosi Penjabat Camat Tebingtinggi Timur yang diberikan kepada Rayan Pribadi SH.

Rayan yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Camat Kecamatan Rangsang, kini dipercaya untuk memegang amanah membangun wilayah Kecamatan Tebingtinggi Timur menjadi lebih baik kedepan. Hal itu sebagaimana diberi kepercayaan oleh Bupati Irwan.

Dia menilai, Rayan diberikan posisi sebagai Pj Camat Tebingtinggi Timur sangatlah tepat. Karena beliau merupakan sosok muda yang berlabel aktivis dan memiliki sosialisasi tinggi yang mudah dekat dengan masyarakat.

"Kenapa dia (Rayan Pribadi) ditempat sebagai Camat Tebingtinggi Timur, karena saya kenal Rayan. Dia aktivis dan orangnya memiliki sosialisasi yang tinggi. Menurut saya, tipikal seperti ini cocok menjadi camat," ungkap Bupati Irwan kepada wartawan, usai melantik pejabat eselon IV dan IV di gedung orange, kantor bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang.

Bupati Irwan menjelaskan, ketika melihat tipikal seorang ASN itu kalau sedapat mungkin sesuai dengan jabatan yang diembannya. Seperti jabatan camat ini merupakan jabatan sosial yang banyak berinteraksi dengan publik.

Dengan posisi jabatan Rayan sebagai Camat, Bupati Irwan berharap agar Kecamatan bisa lebih berkembang dan dinamis. Soal pengalaman dia semasa menjadi Sekcam di Kecamatan Rangsang, Bupati tidak menampik sangat terhadap keberhasilan.

"Soal track record, saya pikir relatif ya pasti ada plus dan minus. Jadi kalau kita melihat tipikal seorang pemimpin ketika dia menjadi anak buah, dia mungkin lebih banyak manuvernya. Karena dia banyak sekali kreativitas yang tak tersalurkan, makanya kita salurkan," kata Bupati.

Menanggapi soal itu, Pj Camat Tebingtinggi Timur, Rayan Pribadi SH sangat berterimakasih dan merasa terharu, karena telah dipercayakan Bupati terhadap jabatan yang diberikan. Ia akan mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk wilayah Kecamatan Tebingtinggi Timur menjadi lebih baik.

"Ini bukan posisi yang gampang. Karena ini miniatur kecil kabupaten di tingkat kecamatan yang menjadi cerminan Bupati secara umum. Sehingga saya beranggapan bahwa akan ini menjadi tantangan bagi saya sebagai camat muda, apakah berhasil atau gagal," ujarnya, saya dikonfirmasi wartawan, diwaktu yang sama.

"Jikalau berhasil, maka nantinya akan menjadi motivasi bagi pejabat camat yang akan datang," tambah dia.



Dengan begitu, membawa pengalaman dari berorganisasi, keagamaan, dan menduduki posisi jabatan pada SKPD lalu, akan menjadi modal dirinya dalam memulai jabatan Camat yang berposisi sangat penting bagi masyarakat. "Ini tentu menjadi modal bagi saya untuk membangun Tebingtinggi Timur menjadi lebih baik dan berenergi," kata Rayan.

Sebelum melakukan langkah rencana kinerja, Rayan mengakui akan mempelajari terlebih dahulu persoalan internal di Kecamatan. Mulai dari mengenal tipikal staf hingga menyampaikan orientasi kerja kedepan.

"Saya akan pelajari dulu intern nya, support tidak tim (staf) saya, nanti baru terlihat dimana kelemahan-kelemahannya. Oleh karena itu, saya akan pelan-pelan sampaikan orientasi kerja terhadap staf, supaya nanti dapat mengimbangi target kerja dan pencapaian," jelas dia.

Mantan Kabid Olahraga juga itu akan menargetkan dalam bulan kedepan, untuk menyisiri seluruh desa. Menurutnya, nantinya akan diketahui bagaimana kondisi real di setiap desa.

Setelah itu, baru diagendakan pertemuan bersama kepala desa untuk melakukan rapat lintas sektor. Disana akan terlihat berbagai macam keluhan yang disampaikan oleh kepala desa.

"Disitu saya bisa merangkum dan mencari benang merah (solusi permasalahan). Kira-kira saya sebagai Camat apa yang saya bisa dibantu. Kemudian bagaimana camat memberikan rasa kenyamanan terhadap kepala desa terkait kepastian, optimisme dalam rangka mengusulkan program pembangunan," jelasnya.

"Makanya ini harus dipetakan dulu, sebab jika tidak menetapkan kondisi real, kita tidak bisa berandai-andai untuk berbuat sesuatu," imbuh dia lagi. (*)
Penulis
: Rahmad
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com