Danramil 03/Bgs Sosialisasi Karlahut kepada Pelajar SMA dan Karang Taruna

229 view
Danramil 03/Bgs Sosialisasi Karlahut kepada Pelajar SMA dan Karang Taruna
Foto: Sella
Danramil 03 Bagan Sinembah Kapt Inf Y Mendrofa saat memberikan sosialisasi kepada siswa dan karang taruna.

BAGANBATU, datariau.com - Usai pelaksanaan upacara hari ke-17, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa berkesempatan mensosialisasikan tentang Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) kepada siswa-siswi SMA dan Karang Taruna yang baru saja dikukuhkan di halaman kantor Camat Bagan Sinembah, Senin (17/02/2020) kemarin.

Dalam arahannya, Danramil menyampaikan pesan-pesan kepada siswa-siswi dan Karang Taruna tentang pencegahan Karlahut. Dimana dengan diberikan pemahaman kepada siswa-siswi, karang taruna dan masyarakat lainnya dapat memutus mata rantai tersebut. 

"Pencegahan karlahut ini menjadi tanggungjawab kita semua, bukan hanya aparat dan pemerintah saja, tapi semua lapisan masyarakat termasuk para siswa dan karang taruna ini," kata Danramil.

Danramil menjelaskan bencana karlahut ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup. Dia mengatakan agar para siswa-siswi dan karang taruna bisa menyampaikan kepada orangtua di rumah agar jangan membakar lahan. Oleh karenanya, Ia mengajak para Siswa dan Karang Taruna untuk pro aktif dalam membantu pencegahan bencana Karlahut.

"Kepada adik-adik jika mengetahui ada kebakaran lahan, segera melaporkan kepada aparat setempat, baik Babinsa maupun Bhabinkamtibmas atau aparat desa," pintanya. 

Ia juga menjelaskan bahwa datuk penghulu adalah merupakan Dansubsatgas Karlahut. Dan untuk Posko Karlahut ditingkat kecamatan ada di kantor Koramil. Sosialisasi Karlahut ini, nanti juga akan diarahkan dalam bentuk ceramah baik di mesjid maupun gereja.

"Di Mesjid akan disampaikan pada saat Kutbah Jumat, di gereja pada hari Minggu dan lain sebagainya agar pencegahan Karlahut lebih maksimal," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSI juga memberikan arahan. Dalam arahannya, Sakinah menyampaikan meski Kecamatan Bagan Sinembah tidak memiliki lahan gambut, dan kecil kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dan hutan, namun untuk selalu antisipasi. 

"Kita akan terus lakukan sosialisasi antisipasi karlahut ini kepada masyarakat," ungkapnya.

Dan bahkan, pihaknya juga akan mendukung dan membuat relawan karlahut seperti dari Karang Taruna untuk membantu wilayah sekitar termasuk Bagan Sinembah, Balai Jaya dan bahkan Simpang Kanan. Sebab, dampak dari karlahut adalah asap yang hingga ke wilayah Kecamatan Bagan Sinembah. 

"Para relawan karlahut, nantinya tidak harus memadamkan, namun bisa lebih membantu tim satgas di lapangan dengan cara membawakan minum, makan dan lain sebagainya," ujarnya. 

Dia juga menyebutkan, meski kebakaran lahan di wilayah kecamatan lain, tidak menutup kemungkinan juga warga Kecamatan Bagan Sinembah membuka lahan di wilayah kecamatan lain, dan untuk itu ia meminta kepada penghulu untuk mendata warganya yang membuka lahan di kecamatan lain, yang tujuannya untuk dapat memutus mata rantai terjadinya Karlahut. 

"Kami selaku Dansatgas tingkat kecamatan, siap berkoordinasi dan membantu daerah tetangga dalam menanggulangi karlahut," tandasnya. (sel)

Penulis
: Sella
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)