Bukan Hanya AC, Kipas Masjid Pun Dimatikan, Ternyata Ini Penyebabnya..

Admin
7.351 view
Bukan Hanya AC, Kipas Masjid Pun Dimatikan, Ternyata Ini Penyebabnya..
Ilustrasi (Foto: Internet)
DATARIAU.COM - Pengurus DKM Masjid Al-Azhar Bekasi mematikan pendingin ruangan AC hingga kipas saat pelaksanaan Shalat Jumat siang ini. Pengurus masjid menjelaskan hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona.

"Dalam keputusan rapat satgas COVID itu dimasukan bahwasannya AC tidak boleh nyala dan kipas tidak boleh nyala," ujar Koordinator Bagian Rumah Tangga DKM Masjid Al-Azhar Bekasi, Supriyono, Jumat (19/6/2020).

Mulanya Masjid Al-Azhar, sebut Supriyono, mematikan AC namun tetap menyalakan kipas angin agar menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Namun, salah satu jamaah yang berprofesi sebagai dokter, mengimbau agar pengurus masjid juga mematikan kipas untuk menghindari penyebaran virus.

"Setelah berjalan, ada masukan dari warga kami yang beliau ini profesinya dokter, tentu lebih tahu ya bahwa kipas itu bisa menyebarkan (virus) secara lebih cepat," tutur Supriyono.

"Bahkan beliau mengimbau teman-teman jamaah (yang) berkunjung ke toko yang pakai kipas lebih baik nggak usah masuk, itu bahaya. Sama bahayanya dengan AC, jadi gunakan udara luar. Misalnya kita berjarak satu meter tapi dengan dihembuskan kipas dari nggak kena (virus), jadi kena (tertular virus)," imbuhnya.

Supriyono mengatakan Masjid Al-Azhar sudah 3 minggu melaksanakan baik salat wajib maupun Salat Jumat tidak menggunakan AC dan kipas. Ia sendiri mulanya merasa kegerahan.

"Tadinya sih saya ngeluh panas banget tapi lama lama berjalan kita jadi biasa," ucap Supriyono.

Sejumlah warga ada yang maklum dengan peraturan tersebut, ada pula yang meminta pengurus masjid menyalakan AC. Namun, setelah diedukasi, jamaah memaklumi.

Diketahui, Masjid Jami Al-Azhar, melaksanakan salat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, di tengah new normal pandemi Corona (COVID-19). Demi meminimalisasi penyebaran virus, pengurus masjid mematikan penyejuk udara (AC). Hal itu membuat ruangan terasa panas di dalam masjid.

"Kita tak menyalakan AC atau kipas angin, supaya virus tidak menyebar," ujar seorang pengurus masjid melalui pengeras suara. (*)
Editor
: Redaksi
Sumber
: https://news.detik.com/berita/d-5060141/pengurus-masjid-al-azhar-bekasi-jelaskan-alasan-matikan-ac-kipas-saat-jumatan
Tag:masjid