Pemkab Siak Imbau Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protap Covid-19

161 view
 Pemkab Siak Imbau Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protap Covid-19
Foto: Hermansyah
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi gelar rapat persiapan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

SIAK, datariau.com - Menjelang hari raya kurban atay Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020 mendatang, demikian dengan meningkatnya kasus virus corona (covid-19) di Kabupaten Siak Riau belakangan ini.

Meningkatnya kasus terkonfirmasi virus corona atau covid-19, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyampaikan imbauan terkait pelaksanaan pawai takbir pada malam harinya, tidak melaksanakan shalat Idul Adha 1441 Hijriah didalam ruangan, akan tetapi dapat dilaksanakan diluar ruangan atau di lapangan terbuka. 

"Untuk pelaksanaan pawai takbir untuk tidak tiadakan, hanya dapat dimungkinkan takbir dilakukan di dalam masjid. Sedangkan pelaksanaan shalat Idul Adha, harus dilakukan diluar atau tempat terbuka, dan wajib mengikuti protokol kesehatan," kata Alfedri.

Hal itu dijelaskan oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat memimpin rapat bersama Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Siak yang dilaksanakan di ruang rapat Zamrud kompleks Abdi Praja Kecamatan Siak pada Kamis (23/7/2020) kemaren.

Dalam pelaksanaan untuk pemotongan hewan kurban, hanya boleh dilakukan oleh petugas atau panitia pemotongan hewan kurban, yang dimungkinkan untuk dapat menyaksikan penyembelihan hanya diperbolehkan oleh peserta kurban.

"Melihat proses pemotongan hewan kurban ini merupakan salah satu kebiasaan masyarakat kita, jelas itu akan dapat menimbulkan keramaian. Akan tetapi pada tahun ini dilarang untuk membuat keramaian," jelas Alfedri.

"Hal ini bertujuan agar tidak ada penularan sesama masyarakat, karena kita tidak tau ada atau tidaknya yang telah tertular virus corona atau covid-19 di sekitar kita," pungkasnya.(Eman)

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Tag:
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)