ADVERTORIAL PEMKAB MERANTI

Bupati Meranti Hadiri Acara Peringatan Ke-26 Hari Otonomi Daerah dan Launching Aplikasi SILPPD 1.1

Samsul
525 view
Bupati Meranti Hadiri Acara Peringatan Ke-26 Hari Otonomi Daerah dan Launching Aplikasi SILPPD 1.1

KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM mengikuti acara Peringatan ke-26 Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 dan Launcing Aplikasi SILPPD Secara Virtual, Sabtu (25/4/2022). Acara diawali dengan pemutaran video otonomi daerah dan penyampaian dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik.

"Pada kesempatan ini kami ingin melaporkan bahwa kegiatan ini mengacu pada Keputusan Presiden dan dilaksanakan setiap setahun sekali, hari ini berusia 26 tahun. Maksud dari kegiatan ini adalah wadah pertemuan dan mengigat komitemen pemerintah yang bersih dan akuntabilitas untuk masyarakat dalam mewujudkan Indonesia mars," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik.

"Dalam rangka memperingati hari otonomi daerah akan disampaikan Kementrian Dalam Negeri, kita juga membahas isu-isu Perda. Selanjutnya kami ucapkan terima kasih semoga acara ini mendapat ridho Allah Subahanahu wa Ta'ala," sambung Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik.

Sekretaris Kemendagri Suhajar Diantoro dalam arahannya mengatakan, bahwa perlunya melakukan refleksi sejenak dengan menggali potensi daerah, kenapa hari otonomi daerah setiap tanggal 25 April agar mengigat kembali sesuai dengan keputusan presiden. Kemudian otonomi daerah sangat berdampak positif dengan kemajuan pembangunan di setiap daerah.

"Saya apresiasi kepada otonomi yang baru yang sudah meningkatkan PAD-nya hingga bisa menurunkan angka kemiskinan dan daerah yang belum bisa meningkatkan PAD-nya hendaknya mengevaluasi kembali hal tersebut. Saya ingat pandemi Covid-19 belum selesai angka menurun bukan berarti tidak ada lagi selesai melakukan lebaran, jadi diharapkan agar dapat menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Dilanjutkannya, bahwa perang Rusia vs Ukraina akan berdampak pada ekonomi dunia, sehingga terdampak di beberapa negara yang harga pangannya mulai naik.

"Saat ini sudah ada satuan tugas pangan, jadi saya berharap agar pemerintah daerah menjaga itu semua. Sekali lagi saya ucapkan selamat hari otonomi daerah semoga Allah memberikan pentujuk dalam membagun bangsa Indonesia," paparnya.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran aplikasi 1.1 SILPPD salah satu aplikasi sebagai alat bantu agar setiap daerah dapat segera memasukkan data terkait penyelenggaraan pembangunan daerah.

Dengan demikian, proses penyusunan laporan dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien tentunya dapat meningkatkan kinerja OPD di lingkungan Provinsi Banten dan kabupaten/kota. (adv)

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)