VIDEO: Viral Buya Fikri Salah Gerakan Shalat Berjamaah di Jalan Saat Acara Demo PA 212

Admin
1.595 view
VIDEO: Viral Buya Fikri Salah Gerakan Shalat Berjamaah di Jalan Saat Acara Demo PA 212

DATARIAU.COM - Jagat maya dihebohkan adanya video yang tersebar menunjukkan seorang yang shalat berjamaah namun gerakan shalat berantakan alias salah-salah. Ternyata sosok orang yang shalat menggunakan jubah hijau dipadukan dengan putih itu belakangan diketahui merupakan Buya Fikri.

Dia tampak shalat di atas mobil komando saat pelaksanaan shalat berjamaah di jalan bersama massa Persaudaraan Alumni alias PA 212. Shalat berjamaah massa PA 212 dilakukan saat aksi Bela Islam menuntut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut mundur dari jabatannya.

Dilihat datariau.com pada akun twitter @Pencerah__ yang diupload pada 6 Maret 2022 pukul 5.49 WIB, dia mengupload video kesalahan gerakan shalat tersebut. Video Buya Fikri shalat di atas mobil komando tampak melakukan ruku' dua kali.

Hingga pagi saat berita ini di-upload, video berdurasi 0:35 itu sudah 11 ribu tayangan, 41 Retweet 7 Tweet Kutipan dan 116 Suka. Berbagai komentar dilontarkan netizen pada postingan @Pencerah__ yang memiliki 12,6 ribu followers tersebut. Berikut beberapa tanggapan pengguna twitter pada postingan akun tersebut:

@sjkgemoy Maksud gw , kenapa harus diatas?

@Priyant61902862 Itu ngadep kiblat nya kok jg beda ya sama yg dibawah agak miring ke kiri

@paimodarmo23 Sholat modal baru ... Dikasih dubbing mirip telenovela

@IhsanMa03792116 Haha, tinggal nunggu klarifikasi. Ada ada aja ni orang salatnya lucu

@sabar_setiabudi PENISTAAN TERHADAP SHOLAT NIH

@BaladMu Kalah hati penuh kesombongan, maka hilanglah kekhusukan pada solatmu

@putra2petir Apa dia makmum masbuk ya, tapi apa iya segitunya sampe ga tau kapan harus ikuti gerakan imam. Padahal klo dari costum nya udah level ahli nya ahli

@Gagannft Emang paling enak klo cari kesalhan orang..lidah rasanya empuk bgt kayak rendang yg direbus lama

@AmidalaNiang Ooow....kamu ketahuan..

Baca juga: Terbukti, Hanya dengan Shalat Hati menjadi Senang


Belakangan setelah videonya viral, Buya Fikri memohon maaf kepada seluruh umat lantaran telah salah melakukan gerakan shalat. Dalam klarifikasinya, Buya Fikri menceritakan awal mula dirinya shalat jamah di tengah aksi bela adzan yang digelar PA 212.

Buya Fikri mengatakan, ia diamanahkan mengkoordinir aksi atau yang biasa disebut sebagai koordinator lapangan.

“Karena tugas itulah, ketika tiba waktunya Shalat Ashar berjamaah, saya tidak meninggalkan mobil komando, karena komando harus tetap di saya, untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat shalat tengah berlangsung. Mengingat saya adalah penanggung jawab kegiatan,” ujar Buya Fikri dikutip Terkini.id.

Baca juga: Bolehkah Menunda Shalat Karena Sibuk Bekerja?


Kata Buya Fikri, karena berada di atas mobil komando ia mengaku kesulitan mendengar suara imam, yang kemudian terjadi kesalahan pada shalatnya.

“Saya mencoba memperbaiki kesalahan itu, sehingga tampak saya melakukan ruku dua kali. Namun pada akhirnya saya membatalkan sholat saya karena meyakini shalat tadi tidak sempurna dan memang memenuhi syarat untuk dibatalkan. Saya kemudian melakukan shalat ulang di masjid, usai aksi,” tuturnya.

Saat mengklarifikasi video yang beredar, Buya Fikri berharap dapat meluruskan sekaligus mengakhiri silang pendapat sejumlah pihak. Buya Fikri pun memohon ampun kepada Allah atas kesalahannya. Buya Fikri juga meminta maaf kepada umat karena telah salah melakukan gerakan shalat tersebut.

“Kepada Allah saya mohon ampunan, kepada umat saya mohon maaf, karena menimbulkan perdebatan. Walau pada dasarnya, shalat adalah hubungan pribadi muslim kepada Allah, tidak untuk divideokan dan kemudian disebar sehingga menjadi perdebatan,” pungkasnya.



Baca juga: Tata Cara Shalat Idul Fithri dan Idul Adha Sesuai Sunnah
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)