UIN Suska Riau Masih Menerapkan Sistem Pembelajaran Online

Ruslan
168 view
UIN Suska Riau Masih Menerapkan Sistem Pembelajaran Online
Foto: Maizatul Akmam
Kampus UIN Suska Riau.

PEKANBARU, datariau.com - Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suska Riau masih menerapkan sistem pembelajaran secara online atau Daring (Dalam Jaringan). Kegiatan belajar mengajar relatif lancar menggunakan Aplikasi Zoom, Google Meet dan Google Classroom.

Kaprodi Ilmu Komunikasi, Muhammad Badri menjelaskan dalam belajar online tidak memiliki kendala yang berarti, sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan lancar.

"Kalau kita sampai saat ini masih menerapkan sistem daring ya, karna kita menunggu arahan dari pihak pimpinan. Jadi mau nggak mau harus mengikuti. Untuk kendala si tidak ada kendala yang berarti lah, paling kendala - kendala teknis kaya sulit jaringan bagi mahasiswa yang di kampung, kalau kendala teknis lainnya nggak ada lah," ujarnya, Rabu (13/10/2021).

Dari sisi lain, Ulfa sebagai mahasiswa mengutarakan bahwa dirinya mengalami berbagai kendala dalam belajar online. Mulai dari sulitnya jaringan, susah dalam memahami pelajaran dan terbatas nya kuota internet.

"Untuk kendala belajar online ni jaringan tidak memadai, kadang jaringan ditempat kita bagus, jaringan di tempat dosen pula yang gangguan, jadi hilang - hilang pembagian layar di aplikasi zoom nya. Terus kuota juga terbatas, dosen kadang masuk 3 jam jadi banyak menghabiskan paket, belum lagi kebutuhan lain," tuturnya.

Badri menambahkan, pihak Fakultas hanya menunggu keputusan dari Pimpinan Universitas untuk sistem belajar kedepannya, apakah Offline ataupun Online. Ia menjelaskan pihak Fakultas siap kapan pun untuk melakukan persiapan.

"Sampai bulan ini masih daring, nggak tau untuk bulan depan, pokoknya kita menunggu kebijakan dari pihak pimpinan. Sekiranya dilakukan tatap muka, pihak fakultas siap membersihkan dan mempersiapkan prokesnya. Intinya tidak mendadaklah, agar pada fakultas bisa mempersiapkan semuanya," jelasnya.

Ia pun berharap agar pembelajaran tatap muka segera dilakukan.

"Harapannya si karna beberapa kampus sudah menerapkan tatap muka, nah kita berharap setidaknya paling lama semester depan lah sudah mulai tatap muka," pungkasnya. (mam)

Penulis
: Maizatul Akmam
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com