Berikut Ini Tips Mudah Menulis Artikel Ilmiah

Admin
596 view
Berikut Ini Tips Mudah Menulis Artikel Ilmiah
Foto: Abdul Kadir
Dr Gusman Nawahir ST MSc University Malaysia Pahan, Direktur Pascasarjana beserta mahasiswa Pindo Bung Hatta Padang.
PADANG, datariau.com - Dr Gusman Nawahir ST MSc Pensyarah Kanan University Malaysia Pahang memberikan materi pada workshop di Pascasarjana Bung Hatta, mengenai penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa di Ruang Studio Lantai III FTSP Universitas Bung Hatta Padang, Sabtu (1/12/2018).

Workshop diikuti sejumlah mahasiswa dari Program Studi Pascasarjana Universitas Bung Hatta Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 17 orang mahasiswa angkatan XI dan XII, ditambah angkatan IX 19 orang, Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Pesisir Kelautan (PSP2K) 7 orang, Manajemen 15 orang, Teknik Sipil 18 orang,  Ilmu Hukum 26 orang dan Prodi Arsitektur 4 orang.

"Untuk itu saya akan berikan beberapa tips dalam menulis artikel yang menarik untuk dibaca dan mudah dipublikasikan," sebut Gusman.

Tips awal menulis artikel harus memilih topik yang menarik perhatian penulis, kedua penulis harus meyakinkan dan penulis memahami topik tersebut. Ketiga, penulis harus berpikir mengenai manfaat untuk masyarakat luas. "Nilai manfaat riset itu di segi ini," tegas Asisten Manajer Journal dari University Malaysia Pahang itu.

Keempat, riset harus perkara baru yang belum banyak diketahui orang. Dengan mengedepankan segi penelitian menarik diteliti dan utamakan kontribusi bagi kemajuan manusia secara keseluruhan. Kelima, gunakan strategi menulis secara kerucut. Bisa menggunakan pedoman penulisan when, where, why, what, who.

"Rasul pun mengajarkan, perkuat ingatanmu dengan menulis," pesan Gusman seraya mengutip hadits Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam.

Ketika menulis artikel, lanjutnya, gunakan struktur artikel diantaranya gunakan kata kunci dalam abstrak sebagai bentuk introduction atau pengenalan dilengkapi metodologi dan pembahasan dilengkapi kesimpulan. Sebenarnya hal yang paling sulit dalam menulis artikel adalah menulis introduction dan pembahasan.

"Topik itu area of interest atau area yang akan diteliti. Kunci menulis artikel harus memilih judul yang menarik tidak ambigu dan mudah dipahami," paparnya.

Scope of study gunakan pemetaan penelitian dengan menentukan tempat penelitian. Perhatikan konteks penelitian agar tetap terfokus pada riset yang dilakukan. Berikutnya, How to Search Literature? Untuk mencari Literature gunakan shoftware EN (EndNote X.8) atau MENDELLEY.

"Ini adalah shoftware yang yang sangat bangus digunakan karena telah lengkap jangan sampai anda membuat kutipan tapi tidak ada referensinya," jelasnya.

Tujuan riset untuk memecahkan masalah maka harus menggunakan cara yang benar. Untuk itu perhatikan metodologi penulisannya. "Inti riset penelitian ada di bagian analisis harus akurat. Maka bacalah riset yang berkaitan dengan penelitian," tutupnya. (abd)
Penulis
: Abdul Kadir
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com