5 Organisasi Mahasiswa Simpul Kecamatan Rohil Tolak Pelantikan Ketua Perpem Rohi-Medan, Ini Alasannya

Admin
856 view
5 Organisasi Mahasiswa Simpul Kecamatan Rohil Tolak Pelantikan Ketua Perpem Rohi-Medan, Ini Alasannya

BAGANBATU, datariau.com - Pasca beredarnya undangan rencana pelantikan Ilham Nabawi sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Rokan Hilir-Medan (Perpem Rohi-Medan) mengejutkan Organisasi Mahasiswa Simpul Kecamatan yang berada di dalam naungan Perpem Rohi-Medan.


Para Ketua Organisasi Mahasiswa Simpul Kecamatan mengaku memprotes dan menolak adanya rencana pelantikan itu, karena dinilai telah terjadi inkonstitusional, atau menyalahi konstitusi Perpem Rohi-Medan.


Salah satu Konstitusi Perpem Rohi-Medan diduga dilanggar, kata Ketua Himpunan Mahasiswa Bagan Sinembah-Medan (Himbas-Medan) Aulia Amri Ginting, yakni proses pelantikan tanpa melalui musyawarah besar (Mubes) ataupun sosialisasi terhadap pemilihan Ilham Nabawi.


"Tidak benar pelantikan saudara Ilham itu. Karena dia tidak ada melakukan Mubes, dan tidak ada sosialisasi dan konsolidasi ke ketua ketua organisasi mahasiswa Simpul Kecamatan yang ada dalam naungan Perpem Rohi-Medan, masih banyak kekurangan lainnya," kata Amri, Selasa (29/6/2021).



Ditegaskan Amri, bukan hanya Mubes saja tidak ada, surat undangan pun untuk pelantikan pihaknya tidak dapat dari Ilham. "Jika Ilham dilantik itu berarti inkonstitusional," tegas Aulia Amri Ginting kepada datariau.com.


Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Balai Jaya Deni Irawan, juga menyebutkan selain proses pelantikan inkonstitusional, dia juga mempertanyakan status mahasiswa dan status keaktifannya Ilham di dalam organisasi.


"Ketua organisasi mahasiswa Kecamatan Simpang Kanan, Kubu, Kuba dan Bangko Pusako juga tidak mendapatkan kabar dan informasi mengenai Mubes atau pun Muslub dan juga pelantikan yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Juni 2021," jelas Deni Irawan.


"Kami pun tidak tinggal diam dan akan menyelamatkan organisasi ini dari oknum-oknum yang berupaya memecah PERPEM-ROHI-MEDAN, kami tidak akan gentar.


"Maka dari itu kami menolak dan mengutuk keras rencana pelantikan Ilham Nabawi sebagai ketua PERPEM ROHI-MEDAN yang baru, karena dinilai menyalahi aturan dan merusak tatanan demokrasi yang ada di Perpem Rohi-Medan," cetus Ketua Himbaja.


Selain itu, ditegaskan Amri Ginting, pihaknya tidak membenarkan rencana pelantikan Ilham, karena diduga melanggar konstitusi Perpem Rohi-Medan. Dan pihaknya akan lawan dan bersikeras untuk tidak menyetujui dan menyepakati pelantikan tersebut.


"Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir Bapak Bupati dan Wakil Bupati agar menindaklanjuti laporan yang sudah beredar terkait keberatan dan penolakan untuk diadakan pelantikan pada esok hari," ujar Amri.


Sesuai surat undangan beredar, pelantikan pengurus Perpem Rohi-Medan dengan Ketua Ilham Nabawi rencananya akan digelar esok, Rabu (30/6/2021) di gedung serbaguna Bagan Siapi-api.


Surat undangan pelantikan ketua Perpem Rohi-Medan yang beredar ditandatangani oleh Ketua Panitia Chandra Puja Kesuma, dan sekretaris Serlin Syah.


Sementara Ilham saat dikonfirmasi melalui selulernya hingga berita ini dimuat belum ada jawaban, redaksi masih terus melakukan upaya konfirmasi untuk dimuat pada pemberitaan selanjutnya. (mam)