Perda 13/2018: Perusahaan di Pekanbaru Tidak Bisa Semena-mena Rekrut Tenaga Kerja

Datariau.com
242 view
Perda 13/2018: Perusahaan di Pekanbaru Tidak Bisa Semena-mena Rekrut Tenaga Kerja

PEKANBARU, datariau.com - Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kota Pekanbaru tak bisa mengabaikan penerimaan tenaga kerja lokal, terlebih di wilayah tempat berdirinya perusahaan tersebut.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE, saat melakukan sosialisasi peraturan daerah Kota Pekanbaru Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Penempatan Tenaga Kerja Lokal, di Jalan Kaharuddin Nasution RT 01 RW 08 Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya, Selasa (15/12/2020).

Dalam kesempatan itu, masyarakat antusias mendengarkan pemaparan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru tersebut dan menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam perintah Perda itu, ada beberapa hal yang menjadi prioritas perusahaan dalam penerimaan tenaga kerja lokal, tidak boleh merekrut tenaga kerja dari luar," kata Azwendi.



Penempatan prioritas itu, lanjut Azwendi, ialah posisi Cleaning Servis (CS), pekerja kebun, tenaga penjagaan atau sekuriti. "Diluar dari itu, pekerja lokal tetap berkompetisi untuk mengisi posisi yang ada," ulasnya.

Syarat yang harus dipersiapkan hanya berupa administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dengan adanya Perda Kota Pekanbaru Nomor 13 Tahun 2018 ini, merupakan perubahan dari Perda Nomor 4 Tahun 2002 Tentang Penempatan Tenaga Kerja Lokal.



"Dengan adanya Perda ini, bertujuan supaya adanya keadilan bagi warga tempatan, tidak mungkin warga menjadi penonton. Dan supaya tidak terjadi ketimpangan ekonomi, kesenjangan sosial juga," pungkasnya. (tim)