Jadi Syarat Naik Pesawat, DPRD Pekanbaru Desak Pemerintah Turunkan Harga Tes PCR

Endi Dwi Setyo
137 view
Jadi Syarat Naik Pesawat, DPRD Pekanbaru Desak Pemerintah Turunkan Harga Tes PCR
Foto: Endi Dwi Setyo
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy

PEKANBARU, datariau.com - Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy meminta pemerintah bisa menekan harga tes PCR yang menjadi syarat perjalanan udara. Sebab, masyarakat sangat terbebani dengan biaya harga PCR yang mahal dengan kisaran Rp495 Ribu hingga Rp550 Ribu.

"Kalau masyarakat banyak mengeluhkan tingginya harga PCR, kita (DPRD) mendukung masukkan masyarakat itu agar biaya tes PCR itu bisa diturunkan dan tentunya bisa meringankan beban masyarakat," kata Yasser, Senin (25/10/2021).

Menanggapi keluhan masyarakat ini, Yasser meminta Pemko Pekanbaru agar berkoordinasi dengan pemerintah pusat sehingga nantinya pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan baru mengenai harga tes PCR.

"Dengan menurunkan harga tes PCR ini tentu akan semakin banyak masyarakat yang melakukan aktivitas. Terutama aktivitas yang sifatnya itu menambah ekonomi masyarakat," ujarnya.

Politisi PKS ini juga berharap pemerintah mencari solusi lain terkait kewajiban tes PCR yang menjadi syarat wajib dalam melakukan perjalanan udara.

"Kalau itu hanya perlu dengan test rapid antigen, ya antigen. Itu harapan kita, terlebih lagi masyarakat sudah banyak divaksin. Ini menandakan bahwa masyarakat itu secara tidak langsung berkemungkinan sudah terhindar dari wabah Covid-19," tutupnya.

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) tentang PPKM Level 1-3. Ada sejumlah aturan yang diubah dalam Inmendagri tersebut, salah satunya perihal syarat perjalanan menggunakan pesawat udara.

Kini, dalam Inmendagri No 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali, selain menunjukkan kartu vaksin, penumpang pesawat wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR (H-2). Sementara itu, untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut wajib menunjukkan hasil tes antigen H-1. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com