Sunnah Melihat Khatib Saat Khutbah Jumat

Admin
199 view
Sunnah Melihat Khatib Saat Khutbah Jumat

DATARIAU.COM - Ketika salat Jumat, kita perhatikan beberapa jamaah salat Jumat tidak berusaha menghadapkan wajahnya ke arah khatib Jumat. Ada yang nenunduk ke bawah, ada yang melihat ke berbagai arah, bahkan ada yang bermain gadget sampai dengan tertidur.

Perlu diketahui bahwa salah satu sunnah ketika mendengarkan khutbah Jumat adalah menghadapkan wajah ke arah khatib Jumat dan tidak mengapa mengubah arah duduk agar memudahkan dan nyaman mengarahkan wajah ke arah khatib.

Sebagian ulama menjelaskan bahwa menghadapkan wajah ke arah khatib Jumat termasuk sunnah yang banyak ditinggalkan.

Berikut sedikit pembahasannya.

Terdapat beberapa hadis dan atsar sahabat serta penjelasan ulama terkait hal ini.

Sebagian sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata,

“Dahulu ketika Nabi Shallallahu ’alaihi wasallam naik mimbar, kami menghadapkan wajah kami ke arah beliau” (HR. Tirmidzi no. 509. Lihat Penjelasannya di Al-Silsilah Ash-Shahihah no. 2080).

Syaikh Al-Albani Rahimahullah menjelaskan bahwa sunnah ini banyak ditinggalkan terutama di zaman ini. Beliau Rahimahullah berkata,

“Menghadapkan (wajah) ke arah khatib merupakan di antara sunnah yang ditinggalkan” (Al-Silsilah Ash-Shahihah, 5: 110).

Syaikh ‘Abdurrahman al-Mubarakfuri Rahimahullah menjelaskan hadis di atas dengan mengutip perkataan Ibnul Malik,

“Yaitu, kami para sahabat mengarahkan wajah kami. Termasuk sunnah adalah para jamaah menghadapkan wajah ke arah khatib” (Tuhfatul al-Ahwadzi, 3: 23)

Di riwayat mengenai ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiallahu ‘anhu,

“Bahwasanya Ibnu Umar fokus bertasbih pada hari Jumat sampai Imam keluar. Apabila imam sudab keluar dan duduk, ia menghadap ke arah imam” (HR. Bukhari dalam Kitab Jumuah, 1: 221)

Lalu Imam Bukhari Rahimahullah membuat judul bab,

“Bab imam menghadap ke arah jamaah, dan jamaah menghadap imam ketika sedang berkhutbah, Ibnu Umar serta Anas Radhiallahu ’anhu menghadapkan wajah ke arah imam.”

Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani Rahimahullah menjelaskan bahwa dengan menghadap ke arah imam akan membuat lebih fokus mendengarkan khutbah dan ini adalah bentuk adab yang baik. Beliau Rahimahullah menjelaskan,

“Di antara hikmah menghadapkan wajah ke arah imam adalah fokus bersiap-siap mendengarkan ucapan imam dan menunjukkan adab mendengar ucapan. Apabila ia menghadapkan wajah ke arah imam, maka jasad dan hatinya akan fokus dan menghadirkan benak. Hal ini lebih membuat fokus untuk memahami nasihat.” (Fathul Bari, 2: 402)

Semoga kita selalu bisa menerapkan sunnah ini. Aamiin.

Penyusun: Raehanul Bahraen
Artikel www.muslim.or.id

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)