Sepekan Pelaksanaan ETLE Mobile di Riau, Sudah 80 Pengendara Kena Foto

Admin
497 view
Sepekan Pelaksanaan ETLE Mobile di Riau, Sudah 80 Pengendara Kena Foto

PEKANBARU, datariau.com - Kurang lebih sepekan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile digunakan, pihak Ditlantas Polda Riau sudah melakukan penindakan tilang sebanyak puluhan pelanggar.

“Lebih kurang satu Minggu, mulai dari hari Senin (21/11/2022) sampai dengan sekarang kegiatan Etle Mobil dilaksanakan, sudah sebanyak 80 pelanggar yang dicapture oleh petugas di jalanan,” ujar Kasubdit Gakkum Kompol Irnanda Oktora, Jum’at (25/11/2022).

Dijelaskan Kompol Irnanda, bahwa rata-rata pelanggaran yang difoto karena tidak menggunakan helm dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Pelanggaran rata-rata yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus dan tidak patuhi rambu-rambu,” sebutnya.



Pada kesempatan itu, Kompol Irnanda mengajak seluruh pengguna jalan atau pengendara agar selalu mematuhi aturan berlalulintas.

“Kami mengharapkan kepada pengguna jalan atau pengendara agar senantiasa menjaga ketertiban dalam berlalulintas, mematuhi aturan berlalulintas dan menjadikan tertib berlalulintas sebagai budaya,” pungkasnya.

Sebelumnya, dijelaskan Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Dermansyah bahwa metode tilang ETLE Mobile tidak sama dengan tilang manual maupun ETLE di lapangan.

“Anggota Satlantas memfoto pengendara yang melakukan pelanggaran, akan langsung terkirim ke media barang bukti pelanggaran ke back office ETLE di RTMC Ditlantas Polda Riau, dan kami akan cari data kendaraannya melalui bantuan data kendaraan Electronic Registration dan Identifikasi (ERI) sebagai sumber data kendaraan,” ujar Dirlantas Kombes Firman.

Dikatakannya lagi, setelah mendapatkan data kendaraan, pihaknya akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan bermotor, untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi.

“Surat konfirmasi adalah langkah awal dari penindakan, yang mana pemilik kendaraan wajib mendeteksi tentang kepemilikan kendaraan dan pengemudi kendaraan pada saat terjadi pelanggaran,” ungkapnya.



Perwira jebolan Akpol 1997 itu juga mengungkapkan, jika kendaraan yang dimaksud sudah bukan menjadi kendaraan milik orang yang mendapat surat konfirmasi, maka hal itu harus segera diinformasikan.

“Jika kendaraan yang kena tilang mobile itu bukan lagi miliknya, bisa dikonfirmasi melalui websire atau datang langsung ke kantor pelayanan Sub Direktorat Lalu Lintas Polda Riau Bidang Penegakan Hukum,” tuturnya.

Selain penegakan hukum, Firman berharap dengan adanya ETLE Mobile, bisa memberikan tingkat kesadaran kepada pengendara dan mampu menekan angka pelanggaran. (den)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)