Setiap Awal Tahun Kota Tembilahan Menjadi Langganan Banjir

Ruslan
498 view
Setiap Awal Tahun Kota Tembilahan Menjadi Langganan Banjir
Foto: Fitra Andriyan

TEMBILAHAN, datariau.com - Setiap tahun kota Tembilahan menjadi langganan banjir terutama jika memasuki awal tahun. Banjir yang terjadi diakibatkan oleh naiknya permukaan air laut yang berada di tepian sungai Indragiri kabupaten Inhil provinsi Riau tersebut.

Akibat naiknya air pasang itu membuat rumah-rumah yang berada di tepian sungai menjadi tergenang karena debit air naik hingga 100 cm dari permukaan tanah.

Jalan-jalan utama di kota tersebut juga ikut tergenang sehingga beberapa pengendara terpaksa mendorong kendaraannya karena mogok akibat mesin kendaraan terkena air.

Warga Jalan sederhana salah satu yang cukup merasakan dampak dari banjir air pasang rob tersebut, kontur jalan yang cukup rendah serta tepat berada di sisi sungai parit 11 tersebut memperparah genangan air hingga memasuki rumah-rumah warga di sekitar aliran sungai itu.

Menurut keterangan ipin, warga yang rumahnya selalu mengalami kebanjiran mengatakan, "Setiap tahun rumah kita banjir bang, kalau ada rezeki saya ingin merenovasi rumah agar posisinya lebih tinggi biar tak kena banjir lagi," ungkapnya pada Selasa (24/01/2023).

Banjir tahunan yang terjadi membuat warga di sekitar aliran sungai cukup kewalahan karena siklus banjir akibat air pasang terjadi setiap hari dalam beberapa minggu dan harus menunggu beberapa jam kemudian sampai air surut kembali.

Setelah air mulai surut warga yang terkena dampak banjir menggunakan alat seadanya untuk membersihkan sisa-sisa genangan air yang memasuki rumah mereka. (Fitra)

Penulis
: Fitra Andriyan
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)