Pro Kontra Penertiban Penggalangan Dana di Jalan Raya, Upika Bagan Sinembah Rapat Koordinasi, Ini Hasilnya

Admin
240 view
Pro Kontra Penertiban Penggalangan Dana di Jalan Raya, Upika Bagan Sinembah Rapat Koordinasi, Ini Hasilnya

BAGAN BATU, datariau.com - Menindaklanjuti adanya pro kontra terkait adanya penertiban penggalangan dana sumbangan masjid di Jalan Raya wilayah hukum Polsek Bagan Sinembah, Upika Bagan Sinembah menggelar Rapat Koordinasi bersama, Senin (19/7/2021).

Rapat Koordinasi tersebut digelar di Mapolsek Bagan Sinembah dengan dihadiri Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSi, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH SIK, Kanit Lantas AKP Syafyandra SH, Panit I Intelkam Polsek Bagan Sinembah IPTU S Soewandi, Ketua MUI Bagan Sinembah Drs Ahmad Yani, Ketua DMI Bagan Sinembah Ustadz Rozal, Koordinator Tim Sumber Suherman MKs dan seluruh ketua serta pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM).


Informasi yang dirangkum dari hasil rapat tersebut, pendapat dari berbagai sumber seperti Camat Bagan Sinembah Sakinah, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo, Ketua MUI Drs Ahmad Yani, Kepala KUA Hasanudin Ritonga, Ketua DMI Bagan Sinembah Rozali, Tokoh Agama Ustadz Ali Siregar dan BKM Masjid Raya Annur memiliki pendapat dan usulan yang sama yang diantaranya;

1. Penggalangan dana sumbangan di jalan raya dinilai sangat mengancam kesalamatan pengendara maupun orang yang melakukan penggalangan dana serta merupakan jalan lintas Provinsi yang jumlah kendaraan melintas cukup padat

2. Tidak ada pelarangan penggalangan dana sumbangan masjid, hanya saja tidak dilakukan di jalan raya dengan memikirkan mana lebih banyak positifnya atau negatifnya

3. Agar metode penggalangan dana sumbangan dirubah menjadi proposal ke donatur atau perusahaan

4. Hal yang telah dilakukan oleh Polsek Bagan Sinembah sudah benar namun sebelumnya harus bersinergi dengan KUA, MUI dan DMI guna mengantisipasi adanya provokasi

5. Meminta pengurus masjid agar dapat mengajukan proposal dengan melibatkan organisasi kepemudaan setempat yang nantinya akan ditandatangani Camat.

6. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan masjid yakni bukan hanya pembangunannya saja, tetapi juga dibangun jamaahnya supaya masjid makmur.

Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH SIK kepada awak media menyampaikan, inti kesimpulan hasil rapat tersebut adalah kegiatan penggalangan dana di jalan raya dihentikan dan solusi untuk menggalang dana dilakukan melalui proposal, kotak infaq, bantuan dari setiap BKM masjid di Kecamatan Bagan Sinembah, namun menunggu pertemuan selanjutnya yang akan dimotori oleh Ketua DMI Kecamatan Bagan Sinembah.

"Dan nantinya Upika Kecamatan Bagan Sinembah akan mengundang para pengusaha dan perusahaan untuk memberikan bantuan dalam pembangunan tempat ibadah," pungkas Kapolsek Kompol Indra. (sel)