Ponsel Anda Terendam Air? Jangan Panik, Segera Lakukan Hal Ini..

Ruslan
150 view
Ponsel Anda Terendam Air? Jangan Panik, Segera Lakukan Hal Ini..
Ilustrasi (Foto: Internet)

DATARIAU.COM - Air jadi salah satu faktor kerusakan pada smartphone, baik secara sengaja maupun tidak. Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari kerusakan akibat ponsel tersentuh air.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menghindari kelumpuhan ponsel akibat terkena air, mengutip dari laman Eraspace, Minggu 12 September 2021.

Angkat dari rendaman air

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengambil keluar ponsel yang terendam air kemudian bersihkan permukaan yang terkena air untuk menghindari zat cair itu masuk melalui lubang yang ada di smartphone.

Jika cipratan atau genangan air mengenai perangkat yang sedang mengisi daya, segera lepaskan kabel pengisi daya untuk menghindari risiko terkena arus listrik.

Jangan aktifkan ponsel

Setelah keluar dari air, matikan perangkat untuk beberapa saat, bahkan jika tampak seperti dalam keadaan baik. Jika ponsel dalam keadaan hidup, matikan saja dan letakkan di tempat yang aman.

Sebaiknya di atas permukaan yang rata, seperti di atas beberapa handuk kertas. Ponsel yang hidup dalan keadaan terkena air bisa menyebabkan korsleting.

Melepas komponen

Komponen-komponen yang dimaksud adalah kartu SIM, memori, hingga baterai yang bisa dilepas-pasang. Tujuannya adalah mengeringkan sisa-sisa air yang turut mengenai bagian-bagian tersembunyi pada perangkat.

Keringkan dengan lap atau tisu

Cobalah untuk mengeringkan bagian luar dengan handuk kertas. Gunakan handuk kertas untuk mengeringkan setiap komponen. Pastikan Anda tidak terlalu mengaktifkannya, sebelum semua kering.