Luhut Binsar Tambah Jabatan Lagi, Netizen Ribut Soal Tagar #Bangsat_istana

Kakak Indra Purnama
93 view
Luhut Binsar Tambah Jabatan Lagi, Netizen Ribut Soal Tagar #Bangsat_istana
Gambar: Suara.com
Ilustrasi Foto Luhut Binsar Panjaitan.

DATARIAU.COM - Setelah merangkap beberapa jabatan, kini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mendapat tugas baru dari Presiden Jokowi. Lagi, Luhut ditunjuk sebagai komandan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Penugasan itu dituangkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung. Perpres tersebut diteken Presiden Jokowi pada Rabu (6/10/2021).

"Dengan Peraturan Presiden ini dibentuk Komite Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan beranggotakan Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Menteri Perhubungan, yang selanjutnya disebut dengan Komite," tulis pasal 3A Perpres tersebut, dikutip MNC Portal Indonesia, Jumat (8/10/2021).

Proyek kereta cepat sebelumnya dikomandani oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Tugas baru Luhut itu adalah mengoordinasikan percepatan pelaksanaan penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat Jakarta-Bandung.

BUMN yang ditugaskan sebagai konsorsium proyek kereta cepat ini akan menyampaikan evaluasi kepada Luhut secara berkala setiap enam bulan, selama pembangunan prasarana kereta cepat. Sementara itu, ketua konsorsium BUMN yang sebelumnya Wijaya Karya digantikan KAI.

Dengan adanya tugas baru itu, kini Luhut memiliki lima rangkap jabatan, antara lain; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Wakil Ketua KPC PEN (Perpres No. 82 tahun 2020), Koordinator PPKM Jawa-Bali, Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional (Perpres No.60 tahun 2021) dan Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI (Perpres No.15 tahun 2021).

Beriringan dengan itu, tagar #bangsat_istana tengah viral di media sosial Twitter. Tagar tersebut ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut.

Hal tersebut terjadi karena selain bertambahnya rangap jabatan, Luhut juga kini tengah didera banyak masalah. Salah satunya adalah nama Luhut masuk dalam Skandal Pandora Papers, serta diduga memiliki gurita bisnis tambang bersama pejabat negara lainnya.

Hingga kini tagar #bangsat_istana telah ditweet sebanyak 5,760 kali dan menempati trending pertama di Indonesia.

"Save our nation from #Bangsat_Istana#Bangsat_Istana #Bangsat_Istana," tulis netizen.

"gass #Bangsat_Istana #Bangsat_Istana," tulis lagi netizen. (*)

Source: Sindonews.com