KNPI Tualang Tuntut PT. IKPP Perawang Memanusiakan Manusia Dengan Angkutan yang Layak

Hermansyah
2.473 view
KNPI Tualang Tuntut PT. IKPP Perawang Memanusiakan Manusia Dengan Angkutan yang Layak
Angkutan barang yang digunakan sebagai transportasi angkutan mitra kerja di PT IKPP Perawang saat ini.

SIAK, datariau.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Tualang melakukan aksi damai di gerbang PT IKPP Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Senin (12/4/2021) pagi.

Aksi ini sebagai buntut kekecewaan terhadap perusahaan anak Sinar Mas Group itu yang dinilai tidak mengindahkan perjanjian yang telah disetujui pada bulan Februari lalu.

Dimana, pihak perusahaan menjadikan truk untuk sarana transportasi mitra kerja, seakan-akan tidak memanusiakan manusia, dimana seharusnya para mitra kerja itu diangkut menggunakan mobil bus, bukan truk yang merupakan angkutan barang. Dalam perjanjian Februari lalu, perusahaan berjanji akan memenuhi untuk mengadakan kendaraan yang layak untuk mitra kerja.

Dalam perjanjian tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Siak yang telah melakukan pertemuan bersama pihak Managemen PT IKPP dan beberapa mitra kerjanya, pihak PT IKPP dan mitra kerja menyetujui penggunaan bus sebagai angkutan mitra kerja di bulan Februari. Namun hingga saat ini mitra kerja masih terlihat menggunakan truk angkutan barang.

Ketua PK-KNPI Tualang, Ika Rahman meneriakan dalam orasinya agar pihak PT IKPP memperhatikan mitra kerja dan diberi jasa angkutan yang layak.

"Kami mau pekerja di PT IKPP mendapatkan fasilitas yang layak yaitu menggunakan bus," pinta dia.

Dalam orasinya itu, dia memberikan waktu sebulan kepada pihak PT IKPP Perawang untuk memenuhi tuntutannya tersebut.

"Buruh itu adalah orangtua kami, keluarga kami, saudara kami, maka perlakukan dia sebagai manusia yang semestinya, jangan angkut gunakan truk lagi. Ingat kami beri waktu sebulan," lantang Ika.

"Dan apabila dalam waktu sebulan tidak terpenuhi oleh pihak perusahaan, kami akan melakukan aksi serupa kembali dengan masa yang lebih banyak lagi," tegasnya.

"Indah Kiat itu apa gak bisa, sedangkan peraturan merokok saja denda Rp 10 juta dapat dilakukan, masa ini gak," imbuhnya.

Dikutip datariau.com dari laman berita riaubernas.com, aksi yang dipimpin langsung Ketua PK-KNPI Kecamatan Tualang Ika Rahman sebelumnya berkumpul di Taman Tuah Sekawan, kemudian bergerak menuju depan gerbang mitra kerja PT IKPP dengan membawa atribut.


Suasana aksi. (Gambar: Riaubernas.com)

Aksi damai yang dilakukan PK-KNPI Tualang berlangsung lancar dengan mematuhi prokes dan dikawal puluhan personil Polsek Tualang dibantu personil Polres Siak.

Hingga berita ini tayang di halaman berita online datariau.com, Senin (12/4/2021) malam, wartawan belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak perusahaan terkait aksi tersebut. (*)

Terakhir diperbaharui: Selasa 13 April 2021 pukul 08.51

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com