Haji Ibadah Fisik, Alfedri Minta Calon Jamaah Haji Siak Jaga Kesehatan

Hermansyah
463 view
Haji Ibadah Fisik, Alfedri Minta Calon Jamaah Haji Siak Jaga Kesehatan
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

SIAK, datariau.com - Pemerintah Kabupaten Siak melepas calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Siak tahun 1445 hijriah/2024 masehi, berlangsung di Masjid Sultan Syarif Hasyim Komplek Islamic Center, Kampung Rempak, Siak Sri Indrapura, Selasa (14/7/2024).

Musim haji tahun ini, kuota calon haji Kabupaten Siak meningkat dibanding tahun lalu, yang berjumlah 300 orang. Terdiri dari calon jamaah haji (CJH) laki-laki 146 orang dan perempuan 154 orang.

Sementara itu, jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Siak berdasarkan usia, paling banyak antara usia 51-60 tahun dengan jumlah 149 orang, untuk usia 81-90 tahun berjumlah 11 orang.

Sedangkan untuk usia termuda calon haji rentang umur 12-20 tahun sebanyak satu orang bernama Muhammad Fathlan Farizqy Bin Fauzan Nurdin asal Kecamatan Tualang.

Dalam sambutannya, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyampaikan ibadah haji rangkaian kegiatan ibadah yang panjang tentu akan menguras tenaga dan mental. Untuk itu, diharapkan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Siak tetap kompak dan menjaga kesehatan.

"Selama berada disana jaga kesehatan, jaga asupan makan dan minuman. Kami ingatkan jamaah selalu kompak satu dengan yang lain," kata Alfedri.

"Saling membantu terutama kepada jamaah yang sudah lanjut usia, tolong ini diperhatikan. Sehingga kita sama-sama dapat menjalankan seluruh rangkaian rukun haji," ucapnya.

Alfedri juga mendoakan, seluruh calon jamaah haji dapat menjalankan seluruh rangkaian rukun haji dengan sempurna sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Kami mendoakan seluruh jamaah dapat melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna dan penuh khusyuk, sehingga pulang ke tanah air bergelar haji yang mabrur dan mabrurah," sebutnya.

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menjelaskan berdasarkan aplikasi Sikap Kemenag daftar haji sekarang menunggu 27 tahun baru berangkat. Hal itu, dikarenakan kuota masing-masing kabupaten/kota dan provinsi sudah ditetapkan.

"Saya ingatkan, bagi berpenghasilan yang memadai dan masih mudah ada keinginan menunaikan rukun islam, silahkan daftar dari sekarang, kalau daftar usia 20 di usia 47 bisa berangkat," ujar Alfedri.

"Namun, terkadang jika Allah SWT berkehendak, ada aja jalan seperti, calon haji yang nomor di atas kita dapat karena pindah daerah lain atau tutup usia, akhirnya nama kita yang naik," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Siak Riau Erizon Efendi menyampaikan CJH Kabupaten Siak berjumlah 300 orang, ditambah 2 orang petugas pendamping.

Dan hari ini, dilakukan pelepasan oleh Pemkab Siak. Selanjutnya, pada Jum,at 17 Mei 2024 pagi, seluruh CJH siap diberangkatkan dari kecamatan masing-masing menuju dan berkumpul di pelabuhan Buton, kemudian menggunakan kapal ferry bertolak menuju Batam.

"Setibanya di Batam seluruh CJH Siak yang tergabung dalam kloter 7 ini, menginap satu malam di asrama haji Embarkasi Batam. Kemudian pada Sabtu, sekira pukul 18.00 WIB, tamu Allah ini, kita berangkatkan menuju Jeddah Arab Saudi,” singkatnya.(***)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)