Pemkab Siak Kembali Buka Istana Assereyah Hasyimiah Bagi Wisatawan

Hermansyah
136 view
Pemkab Siak Kembali Buka Istana Assereyah Hasyimiah Bagi Wisatawan
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi tinjau Istana Siak.

SIAK, datariau.com - Objek Wisata Istana Siak Assereyah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur, mulai Sabtu 18 September 2021 mendatang kembali

menerima kunjungan wisatawan.

"InsyaAllah, Sabtu (18/9/2021) Istana Siak kembali kita buka bagi para pengunjung," ujar Kadis Pariwisata dan Ekraf Kabupaten Siak Fauzi Asni di Siak, Kamis (16/9/2021) lalu.

Istana Siak ini dibuka atas rekomendasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak Nomor 100/ST.C-19.S/61 tanggal 10 September 2021, dengan menekankan kepada pihak pengelola agar menerapkan protokol kesehatan dan pengunjung memiliki Aplikasi Peduli Lindungi.

"Dibukanya Istana Siak dan destinasi lain atas rekomendasi yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak. Dengan menerapkan sejumlah syarat bagi pengunjung, seperti akses aplikasi peduli lindungi dan menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi didampingi Wakil Bupati Siak H Husni Merza BBA MM mengharapkan dengan dibukanya Istana Siak dan destinasi lainnya, memberikan kesempatan pada masyarakat agar dapat berwisata kembali ke Kota Siak.

"Harapan kami dibukanya Istana Siak, dalam rangka memulihkan ekonomi masyarakat, yang terdampak covid, tentunya dengan prokes ketat dan mematuhi ketentuan satgas," ucapnya.

Berikut rekomendasi yang di keluarkan Satgas Covid-19 sebagai syarat membuka tempat wisata. Pelaksanaan kegiatan pada area publik fasilitas umum, taman umum, tempat wisata umum atau area publik lainnya.

"Di izinkan beroperasi 50 persen dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah. Untuk dapat membeli tiket akan masuk destinasi, pengunjung wajib melihatkan kartu vaksin atau swab antigen negatif termasuk pengunjung memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan," tandasnya.

Sejak 19 Maret 2020 lalu hingga saat ini Indonesia dilanda bencana covid-19, maka Istana Asseraiyah Hasyimiah mengalami buka tutup menyesuaikan perkembangan penularan covid-19. Kemudian pada 1 Januari-5 Mei 2021 dibuka dan ditutup mulai 6 Mei karena kasus covid meningkat.(rls)