DPRD Pekanbaru Nilai Biaya Parkir Alfamart Indomaret Tidak Wajar

Admin
159 view
DPRD Pekanbaru Nilai Biaya Parkir Alfamart Indomaret Tidak Wajar

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi II DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, mencermati persoalan penarikan retribusi parkir yang ada di toko ritel Alfamart dan Indomaret dengan dua sisi, yakni dari sisi masyarakat dan sisi UMKM.

"Kalau kita bicara tentang UMKM, umpanya kan ada juga yang pasar-pasar retail yang milik masyarakat itu selama ini dibuat kebijakannya parkir, jadi ini kan harus adil juga informasinya," kata Sabarudi, Selasa (14/9/2021).

Sabarudi mengaku sempat membahas peralihan parkir ini di Komisi II DPRD. Ia mengungkapkan, bahwa toko ritel Alfamart dan Indomaret selama ini diambil dengan sistem pajak dengan nilai mencapai sekitar Rp200 ribu lebih per harinya. Mengetahui nilai yang dikeluarkan terkait pungutan parkir di toko ritel besar ini dianggap tidak wajar.

"Kan kalau hitungan parkir itu sehari berapa motor, sehari seberapa mobil. Kan gitu hitungannya kan? Itulah yang harusnya didapat oleh Pemko dari sisi PAD. Tentu nilai pajak itu harus ditingkatkan, kalau tidak bisa logikanya ya memang dilakukan retribusi. Retribusi itukan jelas. Yang jadi persoalan, apakah retribusi itu pelaporannya benar atau tidak," jelasnya.

Menurut Politisi PKS ini, Pemko dalam hal ini Dishub dan Bapenda agar menghitung kembali potensi parkir yang ada di toko ritel tersebut.

"Jika sudah dihitung jelas berapa dan itulah seharusnya yang diterima pemerintah dalam hal ini PAD. Makanya saya mengatakan, kalau tidak pakai parkir pemerintah rugi dan masyarakat juga rugi jika hanya nyetor Rp 200 ribu. Kecuali dinaikkan, sesuai perhitungan yang sesuai tarif pula," pungkas Sabarudi. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com