Positif Covid, Tiga Kucing Peliharaan Dibunuh

Ruslan
128 view
Positif Covid, Tiga Kucing Peliharaan Dibunuh
Foto: tempo

DATARIAU.COM - Tiga kucing peliharaan dibunuh oleh pemerintah setelah tes positif virus corona di kota Harbin, Cina, akhir September 2021.

Pengguna media sosial di negara tersebut mengecam tindakan pemerintah yang dinilai berlebihan dalam untuk menahan penyebaran virus tersebut. (Twitter.com).

Pemilik kucing, seorang wanita bernama Liu, dikonfirmasi positif Covid-19 pada 21 September dan segera dibawa ke karantina untuk perawatan lebih lanjut.

Badan pengendalian penyakit setempat juga mengetes tiga kucing peliharaanya, kemudian "menidurkan" ketiga kucing tersebut untuk selama-lamanya karena juga positif virus Corona.

Para ilmuwan mengatakan belum ada bukti bahwa hewan peliharaan memainkan peran utama dalam menyebarkan virus ke manusia.

Vanessa Barrs, seorang profesor di City University of Hong Kong yang berspesialisasi dalam kesehatan dan penyakit hewan, mengatakan risiko penularan dari hewan peliharaan yang terinfeksi ke manusia adalah rendah.

Petugas berpakaian APD juga memeriksa bukti hasil tes negatif untuk pelancong di pintu masuk Stasiun Kereta, setelah kasus lokal baru penyakit Covid-19 di Harbin, Cina, 21 September 2021.

Para pecinta hewan meminta pemerintah menyusun kebijakan pengendalian virus corona bagi hewan. (*)

Sumber
: Tempo.co