Masjid Asy Syafi'i Sei Buaya Rohil Akan Laksanakan Shalat Gerhana Bulan

datariau.com
960 view
Masjid Asy Syafi'i Sei Buaya Rohil Akan Laksanakan Shalat Gerhana Bulan

ROHIL, datariau.com - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Asy Syafi'i yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja Sei Buaya Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, akan melaksanakan Shalat Khusuf (Gerhana Bulan).

Rencana ini didasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya bmkg.go.id, yang menyebutkan bahwa akan terjadi gerhana bulan pada Rabu, 26 Mei 2021. Adapun waktu mulai terjadinya (P1) pukul 15.46 WIB dan akan berakhir (P4) pada pukul 20.51 WIB.

"Alhamdulillah, setiap ada info kalau akan terjadi gerhana, mau gerhana bulan atau gerhana matahari insya Allah kita laksanakan shalat gerhana. Inikan termasuk salah satu Sunnah Nabi," kata Syawal Marpaung selaku Ketua DKM Masjid Asy Syafi'i.

Baca juga: Masjid Ammar bin Yasir Pekanbaru Akan Laksanakan Shalat Gerhana Maghrib Nanti


"Insya Allah yang akan jadi Imam Al Ustadz Abdurrahman hafidzohullah. Kita akan laksanakan pukul 18.50 WIB ba'da sholat Maghrib. Bagi masyarakat yang mau ikut kita persilakan, tapi jangan lupa untuk mematuhi potokol kesehatan covid-19," imbuhnya.

Baca juga: Tata Cara Shalat Gerhana yang Shahih


Seperti diketahui, gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia pada 26 Mei 2021. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan aktivitas ini akan terjadi selama 18 menit dan 28 detik.

"Gerhana ini akan berlangsung dengan durasi parsialitas selama 3 jam 8 menit 12 detik dan durasi totalitas yang cukup singkat, yakni selama 18 menit 28 detik," tulis Lapan, dikutip dari akun Instagram resminya, Selasa (25/5/2021).

Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi. Akibatnya, saat fase totalitas gerhana terjadi Bulan akan terlihat kemerahan.

Baca juga: Apakah Berdosa Sengaja Meninggalkan Shalat Gerhana?

Penulis
: Putra S
Editor
: Riki
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)