Kementrian ATR BPN Kerjasama Dengan Polri Tindak Tegas Mafia Tanah

Hermansyah
90 view
Kementrian ATR BPN Kerjasama Dengan Polri Tindak Tegas Mafia Tanah
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi dan Wakil Bupati Siak H Husni Merza BBA MM.

SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi pimpin upacara peringatan ulang tahun Undang-undang Pokok Agraria ke-61 tahun, yang berlangsung di halaman kantor Pertanahan Kabupaten Siak, kompleks perkantoran DPRD Siak, Sungai Betung, Jumat (24/9/2021).

Upacara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Siak, Forkopimda Kabupaten Siak serta Para Pimpinan OPD Kabupaten Siak. Usai apel di lakukan pemotongan nasi tumpeng di lakukan oleh bupati, Apel itu juga di ikuti para pegawai BPN dan pelajar yang ada di kota Siak.

Pada kesempatan itu Bupati Siak membacakan sambutan tertulis Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Sofyan A Djalil. Hari ini akan diluncurkan aplikasi pendaftaran online yang di bernama 'Loket Ku', aplikasi permohonan informasi online dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan.

"Aplikasi ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan," ucapnya.

Selanjutnya kata dia, perlu di kawal mengenai pemberdayaan masyarakat akses refom untuk memastikan penerima sertifikat mendapatkan akses permodalan.

"Mari kita bersama-sama pemda dan stakholder untuk mendorong di berikannya akses refom kepada penerima sertifikat redistribusi tanah. Tentunya agar dapat memberdayakan asetnya untuk dijadikan modal usaha sehingga akan meningkat perekonomian warga," pintanya.

Dalam rangka memerangi kejahatan pertanahan atau di kenal dengan nama mafia tanah, yang meresahkan masyarakat. Kementerian ATR, BPN kerjasama dengan kepolisian untuk bersama-sama memberantas mafia tanah sampai ke akar-akarnya.

"Beberapa kasus, bahkan kasus besar di pusat sudah di ungkap bahkan sudah di vonis dan ada juga yang sedang proses hukum. Bagi pegawai ATR, BPN ASN jangan sekali-kali menjadi mafia tanah, saya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bahkan memecat oknum yang terbukti terlibat," terangnya.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Siak Budi Satrya dan menyerakan piagam penghargaan kepada 9 Desa dan 3 Perusahaan yang ikut mensukseskan Kegiatan PTSL di Kabupaten Siak serta menyerahkan Sertifikat Tanah Instansi.

Dikatakan Budi, dengan penyerahan piagam penghargaan Satya Lencana X dan XX Tahun kepada sejumlah Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Siak.

Bupati Siak Siak Drs H Alfedri MSi memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi pelaksanaan kegiatan distribusi tanah tahun 2021 kepada Kepala Kantor Pertahanan Kabupaten Siak.

Pemkab Siak mengapresiasi kepada kantor Pertanahan Kabupaten Siak, yang telah memberikan kemudahan kepada masyarakat tidak mampu dan instansi dalam kemudahan menerbitkan sertifikat tanah.(rls)