Insinyur Muda Bantu Pembangunan Pasca Gempa di Lombok

Ruslan
465 view
Insinyur Muda Bantu Pembangunan Pasca Gempa di Lombok
Gambar: kumparan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di tenda pengungsian, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (3/9/18).

DATARIAU.COM - Pemerintah saat ini tengah melakukan penyaluran bantuan dana untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penyaluran dana tersebut diberikan untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak akibat gempa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan nominal bantuan disesuaikan dengan kerusakan rumah mereka. Klasifikasinya berdasarkan kerusakan berat, sedang, dan ringan.

"Pertama sekali lagi yang rusak berat Rp 50 juta, yang rusak sedang Rp 25 juta, yang rusak ringan Rp 10 juta," kata Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo di tenda pengungsian, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (3/9).

Basuki menjelaskan dalam membangun rumah tersebut, warga akan dibantu oleh insinyur muda dan mahasiswa teknik sipil yang merupakan relawan PUPR. Selain itu, proses pembangunan rumah juga dibantu oleh TNI dan Polri.

"Makanya kedatangan insinyur muda termasuk mahasiswa teknik sipil. Ada fasilitator yang sudah mengerjakan Rekompak. Sistem Rekompak itu, rehabilitasi, konstruksi, berbasis masyarakat, seperti yang dilakukan di Gunung Merapi," kata Basuki.

Menurutnya, rumah yang akan dibangun nanti akan tahan gempa. Sedangkan untuk mempercepat pembangunan, Basuki mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah meminta Krakatau Steel dan Semen Indonesia untuk memasok bahan bangunan ke lokasi bencana.

"Kemudian supaya mereka cepat membangun, inikan Kadin ditugaskan membuat depo-depo, bahan bangunan disampaikan di Kecamatan. Jadi jauh lebih dekat. Bapak Presiden sudah telepon kepada Krakatau Steel dan Semen Indonesia untuk memulai didrop bahan bangunan," kata Basuki.

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: kumparan.com
Tag: