9 Cara Cepat Membuka Pola HP yang Lupa

Ruslan
161 view
9 Cara Cepat Membuka Pola HP yang Lupa
Foto: Net

DATARIAU.COM - Cara membuka pola hp yang lupa sebetulnya terbilang susah-susah gampang. Hal ini bergantung pada jenis dan merek hp yang dimiliki. Sebab setiap hp memiliki sistem keamanan masing-masing yang berbeda. Selain itu, ketersediaan kata kunci dan pola dalam ponsel juga bisa membantu kamu dalam menjaga privasi isi ponsel kamu

Sebagai manusia biasa, kita terkadang mengalami hal yang menyebalkan itu. Namun, kamu tidak usah khawatir dan jangan langsung melakukan reset karena akan mengakibatkan seluruh data dalam ponsel terhapus. Kamu bisa mencoba beberapa cara yang akan VIVA sajikan dilansir dari makeuseof.com berikut ini.

Lalu, Bagaimana Cara Membuka Pola HP yang Lupa?

Memakai Fitur Lupa Pola atau Forgotten Password

Cara membuka pola hp yang lupa pertama adalah memakai fitur lupa pola. Fitur ini akan membuat kamu bisa mengganti kata kunci atau pola yang dulu kamu pakai menjadi kata kunci yang baru.

Umumnya fitur ini akan keluar dengan sendirinya setelah kamu melakukan banyak kata sandi atau pola pin yang salah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk akun Gmail dan kata sandinya. Setelah itu, akan muncul jendela baru untuk mengatur ulang pola hp atau kata kunci yang baru.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Menggunakan Ponsel Android Orang Lain

Cara selanjutnya adalah dengan meminta bantuan kepada orang lain. Kamu bisa meminjam ponsel milik teman atau keluarga kemudian panggil nomor ponselmu dengan memakai ponsel teman tersebut. Setelah berdering, angkat panggilan tersebut.

Ketika proses panggilan selesai, tekan tombol home supaya kamu bisa memasuki menu utama. Kemudian ubah pola hp atau kata sandi yang kamu pakai menjadi pola yang mudah diingat.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Menggunakan ADB

Cara berikutnya adalah dengan memakai ADB. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyambungkan hp milikmu dengan komputer atau laptop. Setelah itu, masukkan perintah untuk masuk ke direktori instalasi ADB dan masukkan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key lalu tekan Enter. Cabut ponselnya, kemudian lakukan reboot dan layar terkunci akan hilang sementara.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Menggunakan Safe Reboot Android

Cara ini bisa dilakukan pada saat ponsel kamu terkunci karena pihak ketiga. Pada saat hal ini terjadi, segeralah untuk menekan tombol power hingga keluar opsi power off atau restart. Setelah kedua pilihan tersebut muncul, tekan kembali tombol power hingga muncul opsi Reboot Safe Mode lalu tekan OK atau Yes.

Ponsel akan melakukan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam menu safe mode. Langkah selanjutnya kemudian hapus aplikasi yang membuat ponsel terkunci secara tiba-tiba kemudian lakukan restart supaya ponsel kembali dalam mode normal.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Menggunakan Android Devide Manager

Android device manager bisa digunakan untuk membuka pola hp yang lupa. Caranya kamu hanya perlu menyiapkan ponsel yang terkunci serta laptop yang terhubung dengan internet. Lalu masuk ke situs Android Device Manager di ponsel kemudian masuk memakai akun Gmail yang digunakan pada ponsel. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi “lock” untuk mengubah pola atau kata sandi yang digunakan dalam ponsel.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Menggunakan Find My Mobile

Bagi pengguna ponsel Samsung cara ini bisa digunakan ketika ponsel dalam keadaan terkunci. Kamu bisa memakai ponsel Samsung lain kemudian masuk ke situs resmi Find My Samsung.

Setelah itu, masuk ke menu setting dan security hingga menemukan tulisan find my mobile. Kemudian login memakai email dan kata sandi yang digunakan dalam ponsel dan pilih tombol Lock My Screen. Masukkan pola baru kemudian konfirmasi supaya kamu bisa memakai pola baru tersebut.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Memanfaatkan Google Assistant

Fitur yang terdapat di dalam Google Assistant bisa digunakan untuk membuka pola dalam ponsel lho. cukup dengan mengucapkan “OK Google” dan kunci yang ada pada ponsel akan terbuka secara otomatis. Tapi fitur ini hanya bisa digunakan apabila Google Assistant telah diaktifkan dalam ponsel dan menyetujui fitur unlock with voice.