30 Orang Diperiksa Terkait Korupsi Alat Kesehatan

Ruslan
503 view
30 Orang Diperiksa Terkait Korupsi Alat Kesehatan
Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Ibu dan Anak Siti Fatimah Kota Makassar.

DATARIAU.COM - Kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Ibu dan Anak Siti Fatimah atau Rumah Sakit Fatimah Makassar ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan.

Polisi menyebut pengadaan alat kesehatan di rumah sakit tersebut terindikasi Mark Up.

SuaraSulsel.id mengunjungi Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Siti Fatimah Kota Makassar yang terletak di Jalan Gunung Merapi pada Jumat 12 November 2021.

Dari hasil pantauan di lokasi, aktivitas pelayanan di rumah sakit itu terlihat berjalan dengan normal. Sejumlah pasiem hamil terlihat keluar masuk rumah sakit.

Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar, Dr Kusrini A Pasinringi mengatakan, tidak mengetahui persoalan dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan tahun 2016.

Kusrini mengaku, dirinya baru menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Siti Fatimah akhir tahun 2019.

"Mungkin ke PPTK-nya ya, saat itu kan saya belum di sini. Saya nggak tahu. Pengadaan alkesnya 2016, jadi benar-benar saya kalau kita mau tanya saya tidak ada info. Saya tidak tahu. Kita ke ibu Hadijah di atas dia PPTK-nya saat itu," kata Kusrini saat ditemui SuaraSulsel.id, Jumat (12/11/2021).

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar, Sitti Hadijah yang ditemui juga mengaku tidak tahu persis kasus dugaan korupsi tersebut.

"Masalah atau bermasalah, saya tidak paham soal itu karena yang mengatakan kasus ini bermasalah kan pihak yang terkait sana kan. Pemeriksa kan, pemeriksa itulah kita minta penjelasan soal itu. Saya kan, pihak Fatimah dinyatakan bermasalah. Nah, dari sisi mananya itu permasalahan? Yang memeriksa itu yang memberikan diagnosa, bahwa ini bermasalah," terang Hadijah.

Menurut Hadijah, alat kesehatan di Rumah Sakit Khusus Daerah Siti Fatimah, Makassar yang diadakan tahun 2016 tersebut sampai saat ini masih aman digunakan. Melakukan penanganan terhadap pasien.

"Buktinya kan kita melayani pasien dengan baik, pasienku semua tertangani. Alhamdulillah masuk dalam keadaan butuh pertolongan, alhamdulillah dia keluar dengan pertolongan sudah selesai. Ibunya sehat walafiat. Aman kok," kata dia.

"Yang dipakai sampai saat ini. Yang dipakai untuk merawat pasien sampai dia keluar. Ada dirawat di anak, ada dirawat di ibu. Ada di UGD. Yang dipakai di rumah sakit ini," tambah Hadijah.

Meski begitu, Hadijah mengaku bahwa pihak kepolisian memang telah datang di Rumah Sakit Khusus Daerah Siti Fatimah, Makassar untuk melakukan pemeriksaan. Namun, kata dia, pendapat mengenai kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan tahun 2016 di rumah sakit itu muncul dari kepolisian yang menangani kasus.

30 Orang Saksi Diperiksa

Kepala Subdit III Tipikor Polda Sulsel Kompol Fadli mengungkapkan, dalam penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Siti Fatimah, Makassar, penyidik telah memeriksa sekitar 30 orang lebih yang masih berstatus sebagai saksi. Termasuk mantan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang.

Saat ditanyakan apakah ada kemungkinan mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo juga akan dipanggil penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel untuk diperiksa, Fadli mengaku saat ini proses itu belum mengarah ke sana.

"Belum sampai ke sana," katanya.

Diketahui, kasus ini telah ditangani penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel selama hampir setahun. Setelah mendapatkan laporan terkait adanya kejanggalan alat kesehatan yang digunakan di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Fatimah, Makassar. Disebut tidak sesuai dan tidak berfungsi dengan baik.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)