10 Nilai Berita (News Values) Penting Untuk Diketahui

Ruslan
530 view
10 Nilai Berita (News Values) Penting Untuk Diketahui
Foto: Internet

DATARIAU.COM - Nilai Berita adalah patokan wartawan dalam menilai apakah sebuah peristiwa layak diberitakan atau tidak.

Nilai berita (news values) disebut juga "kriteria kelayakan" sebuah peristiwa untuk menjadi berita atau diberitakan di media massa.

Berita adalah laporan peristiwa. Namun, tidak semua peristiwa layak dilaporkan (diberitakan).

10 Nilai Berita

Ada 10 nilai berita (news values) yang menjadi parameter apakah sebuah peristiwa layak diberitakan atau tidak.

1. Magnitude.

Seberapa luas pengaruh suatu peristiwa bagi publik atau masyarakat luas. Misal, kenaikan harga BBM.

2. Significance

Seberapa penting arti suatu peristiwa bagi publik. Misal, wabah penyakit.

3. Actuality/Timeliness

Tingkat aktualitas suatu peristiwa, baru saja terjadi. Misal, peristiwa semenit, sejam, atau maksimal sehari yang lalu.

4. Proximity

Kedekatan secara geografis dan psikologi. Misal, banjir di Bandung menarik bagi warga Bandung.

5. Prominence

Ketokohan orang yang terlibat dalam sebuah pertsiwa. Public figure atau artis cerai jadi berita, tetangga sebelah cerai dicuekin.

6. Dampak (impact)

Semakna dengan nomor 1 dan 2.

7. Konflik

Peristiwa ketegangan, perang, selalu menarik.

8. Human Interest

Menyentuh perasaan kemanusiaan publik, misalnya perbudakan dan penganiayaan.

9. Keanehan (Unusualness)

Hal yang unik, tidak lazim.

10. Seks

Ada ungkapan, all writing is boring but sex. semua tulisan/berita membosankan, kecuali tentang seks. Peristiwa seksual selalu menarik.

Nilai Berita Menurut Akademisi dan Praktisi


Dedy Iskandar Muda daam buku Jurnalistik Televisi: Menjadi Reporter Profesional (Rosda, 2003) memaparkan nilai berita sebagai berikut:

a. Timeliness

Timeliness berarti waktu yang tepat. Artinya, memilih berita yang akan disajikan harus sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tepat waktu maksudnya, ketepatan dalam menyampaikan informasi tentang peristiwa yang sedang ditunggu oleh masyarakat dalam segi waktu.

Untuk itu, berita juga harus disiarkan secepat, mungkin sehingga faktor aktualitas bagi sebuah berita merupakan dasar utama yang harus dipertimbangkan.

b. Proximity

Proximiy artinya kedekatan. Kedekatan disini maknanya sangat bervariasi, yakni dapat berarti dekat dilihat dari segi lokasi, pertalian ras, profesi, kepercayaan, kebudayaan maupun kepentingan yang terkait lainnya.

c. Prominence

Artinya orang terkemuka atau ketokohan. Semakin seseorang itu terkenal maka akan semakin menjadi bahan berita yang menarik pula. Mereka bisa saja dari berbagai kalangan seperti tokoh politik, agama, seniman, ataupun tokoh militer.

d. Consequence

Konsekuensi atau akibat yaitu segala tindakan atau kebijakan, peraturan, perundangan dan lain-lain yang dapat berakibat merugikan atau menyenangkanorang banyak merupakan bahan berita yang menarik.

e. Conflict

Memiliki nilai berita yang sangat tinggi karena konflik adalah bagian dalam kehidupan. Di sisi lain berita adalah sangat berhubungan dengan peristiwa kehidupan.

f. Development

Merupakan materi berita yang cukup baik menarik apabila reporter yang bersangkutan mengulas dengan baik.

Berita yang menyangkut kegagalan dan keberhasilan pembangunan pasti akan melibatkan kepentingan penguasa dan masyarakat. Seorang reporter pun dituntut menguasai jurnalisme pembangunan.

g. Dissaster & Crimes

Dua peristiwa yang pasti mendapat tempat bagi pemirsa. Keduanya menyangkut masalah keselamatan manusia, karena dalam pendekatan psikologis keselamatan manusia menempati urutan pertama bagi kebutuhan dasar manusia.

h. Weather atau cuaca.

Di Indonesia dan negara-negara yang dilewati garis khatulistiwa memang tidak banyak terganggu. Sehingga di Indonesia berita tentang cuaca masih dianggap masih belum memiliki nilai jual, karena banyak pemirsa yang tidak menyediakan waktu untuk menyimaknya.

i. Sport

Berita olah raga sudah lama memiliki daya tarik. Setiap stasiun televisi memberi waktu untuk menyiarkan berita olah raga.

Begitu menariknya siaran ini sehingga banyak stasiun televisi yang membentuk divisi sendiri untuk keperluan liputan olah raga. Untuk itu, seorang reporter olah raga dituntut untuk memiliki pemahaman terhadap cabang olah raga, sehingga ia akan melakukan reportase dengan baik.

j. Human Interest

Berita human interest di media televisi memiliki daya tarik yang lebih tinggi dibanding media lainnya, karena dilengkapi dengan objek asli secara visual bukan imajinatif. Didukung dengan radio yang dapat memberikan daya tarif ekstra.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)