Advertorial Pemkab Kuansing

Pemerintah Kabupaten Kuansing Segera Distribusikan 14.850 Bibit Kelapa Sawit Untuk 11 Kelompok Tani

Admin
332 view
Pemerintah Kabupaten Kuansing Segera Distribusikan 14.850 Bibit Kelapa Sawit Untuk 11 Kelompok Tani
Kepala Dinas Pertanian Kuansing, Ir Emmerson.

KUANSING, datariau.com - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Dinas Pertanian akan mendistribusikan 14.850 bibit kelapa sawit kepada 11 kelompok tani yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2021.

"Kelompok tani yang mendapatkan bantuan bibit kelapa sawit tersebut adalah kelompok tani yang telah terdaftar, minimal mempunyai SK dari Bupati Kuansing," kata Kepala Dinas Pertanian Kuansing Ir Emmerson, melalui Kasi Produksi Tanaman Pangan Dahlan Lubis, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (10/11/2021) siang.

Dahlan Lubis menyebutkan, dalam usaha peningkatan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan petani pekebun di Kabupaten Kuansing, perlu ditunjang dengan bantuan bibit Kelapa Sawit bermutu kepada petani. Dimana untuk terlaksananya bantuan bibit kelapa sawit ini diperlukan petani yang memenuhi syarat sebagai peserta bantuan bibit kelapa sawit Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi tahun anggaran 2021.


Foto: Kasi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kuansing, Dahlan Lubis.


Adapun kelompok tani di 11 kecamatan yang akan mendapatkan bantuan bibit kelapa sawit, disalurkan pada pekan depan adalah Kelompok Tani Suka Karya Kecamatan Pangean Desa Pauh Angit Hulu, Kelompok Tani Mekar Bersama Kecamatan Singingi Desa Muara Lembu, Kelompok Tani Usaha Bersama Kecamatan Kuantan Hilir Desa Kampung Medan, Kelompok Tani Sungai Bomban Kecamatan Singingi Hilir Desa Petai, Kelompok Tani Berbakat Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Desa Kasang Limau Sundai.

Selanjutnya Kelompok Tani Usaha Tani Makmur Kecamatan Kuantan Tengah Desa Pulau Kedundung, Kelompok Tani Limbah Subur Kecamatan Logas Tanah Darat Desa Suka Raja, Kelompok Tani Maju Kecamatan Hulu Kuantan Desa Sumpu, Kelompol Tani Harapan Baru Kecamatan Benai Desa Banjar Lopak, Kelompok Tani Makmur Kecamatan Sentajo Raya Desa Langsat Hulu, terakhir Kelompok Tani Petani Karet Koto Kecamatan Cerenti Desa Koto Cerenti.

"Masing-masing kelompok tani mendapatkan 1.350 bibit kelapa sawit, jadi total keseluruhan bibit yang disalurkan berjumlah 14.850. Dimana 1 kelompok berjumlah 10 anggota," terang Kasi Produksi Tanaman Pangan Dahlan Lubis.

Dia juga menjelaskan bahwa kecamatan yang tidak menerima bibit kelapa sawit, seperti Kecamatan Inuman, Kecamatan Pucuk Rantau, Kecamatan Gunung Toar, dan Kecamatan Kuantan Mudik, dikarenakan pihak kecamatan tersebut tidak memasukkan proposal ke Dinas Pertanian.


Foto: Plang Kantor Dinas Pertanian Kuansing.

"Kecamatan yang tidak mendapatkan bibit kelapa sawit dikarenakan tidak memasukkan proposal ke Dinas Pertanian, yang memasukkan proposal tetap akan disaring juga agar tepat sasaran untuk pemberian bantuan bibit kelapa sawit ini. Jadi indikatornya kelompok tani terdaftar, petaninya ada, dan lahannya juga ada," terang Dahlan Lubis.

"Semoga bantuan 14.850 bibit kelapa sawit ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kuansing melalui kelompok tani, dan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Kuantan Singingi," pungkasnya. (jss/adv)

Penulis
: Jekha
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com