Bagun Kesolidan Mahasiswa, Dema FTK Adakan Festival Semarak Tarbiyah Bagi Mahasiswa Baru

Ruslan
191 view
Bagun Kesolidan Mahasiswa, Dema FTK Adakan Festival Semarak Tarbiyah Bagi Mahasiswa Baru
Foto: Yusron Hadi Falah

DATARIAU.COM - Sejak 2021 covid -19 datang sebagai wabah bagi seluruh masyarakat, terbukti dalam segala aspek kehidupan masyarakat mulai kesulitan baik dari sisi ekonomi, pertanian, dan pendidikan. Tidak hanya itu covid-19 juga datang menyerbu mentalitas dan kreatifitas dari masyarakat khususnya para pemuda.

Mahasiswa yang merupakan sebuah tombak peradaban yang dengannya akan menentukan masa depan bangsa baik atau buruk kedepannya. Memiliki dari segala problem yang didapatkan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengadakan FESTA (Festival Semarak Tarbiyah) pada tanggal 23-24 Oktober 2021 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan mempererat solidaritas antara sesama mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan sesama kakak tingkat yang terlibat. Kegiatan yang berlansung selama 2 hari ini di ikuti oleh 14 jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan keguruan.

Meski masih bergelut dengan pandemi Covid-19, sama sekali tidak menyurutkan semangat mahasiswa baru tahun akademik 2021-2022 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk tetap mengikuti kegiatan ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang dengan tujuan untuk meminimalisir jumlah peserta dan tamu yang hadir kata ihsan alwada selalu ketua pelaksana pada acara tersebut.

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa. Kemudian, pelaporan acara dari Ketua Panitia, kata sambutan dari Ketua Dema, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus membuka acara Festa secara resmi.

Dalam pelaksanaannya, acara ini juga menghadirkan beberapa pemateri dari dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Adapun beberapa materi yang dibahas diantaranya, administrasi dan pendidikan, organisasi dan kemahasiswaan, relasi agama dan pendidikan.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru pasca pelaksanaan acara ini sadar akan pentingnya belajar , memahami administrasi, menemukan relasi agama yang tepat, serta paham kenapa harus masuk dalam sebuah organisasi.

Ketua DEMA FTK Mudiul Hayat pasaribu dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa baru ftk harus bersatu sehingga tidak ada perpecahan didalamnya hal ini berguna untuk kelancaran study dan interaksi mereka kedepannya.

Beliau juga turut mengajak kepada seluruh mahasiswa baru untuk dapat bergabung dalam berbagai organisasi sesuai dengan keahlian pribadi dengan memperkenalkan berbagai organisasi yang ada di kampus.

Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Amirah Diniaty, M.Pd. Kons, menyampaikan bahwa, nantinya potensi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan akan terus digali dan dikembangkan demi kemajuan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

“Yang akan kita lakukan untuk mahasiswa FTK, khususnya mahasiswa baru TA. 2021-2022 adalah mengenali dan menggali potensi mereka, setelah itu kita kembangkan karirnya. Sehingga, karir center yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan kita hidupkan kembali," jelas WD III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (ril)

Penulis
: Nur Afni Faradila
Sumber
: Datariau.com