Telah Dinanti, Pameran Otomotif GIIAS 2021 Resmi Dibuka Hari Ini

Yessi Novriani
160 view
Telah Dinanti, Pameran Otomotif GIIAS 2021 Resmi Dibuka Hari Ini
Ilustrasi (Foto: jip.gripoto.com)

DATARIAU.COM - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 telah resmi dibuka hari ini. Pameran yang berlangsung dari 11-21 November tersebut dianggap sebagai simbol kebangkitan industri otomotif.

"GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi, sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri bangsa Indonesia," tutur Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi dalam sambutannya pada pembukaan GIIAS, Kamis (11/11/2021).

Secara khusus,Yohannes menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan pemerintah dalam mendorong percepatan bangkitnya industri otomotif dari dampak pandemi Covid-19.

Selain itu, pemerataan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat dan semakin baiknya penanganan pandemi juga turut berperan, sehingga pameran GIIAS 2021 dapat kembali digelar tahun ini.

Salah satu dukungan kebijakan yang diberikan pemerintah dalam mempercepat bangkitnya industri otomotif Indonesia yakni, Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP).

"Melalui kebijakan PPnBM, ini cukup mendorong baik kepada penjualan kendaraan di Indonesia," ungkap Yohanes.

Yohanes mengungkapkan, kebijakan PPnBM DTP membuat penjualan mobil domestik melonjak hingga 68% pada periode Oktober 2021, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Sebagai informasi, penjualan mobil di pasar domestik pada periode Januari - September menembus 627.537 unit.

Angka ini sudah melampui total penjualan tahun lalu yang mencapai 532.407 unit.

Dibandingkan Januari-September 2020, penjualan mobil sepanjang sembilan bulan tahun ini meningkat 68,7%.

Adapun, pencapaian hasil kenaikan yang cukup signifikan dialami oleh kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM yang berjumlah 36 model kendaraan.

Kendaraan tersebut diproduksi di Indonesia dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 68%.